BANDUNG – Dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam hal kemandirian ketahanan pangan khususnya gula, PT Bio Farma (Persero) melakukan sinergi BUMN dengan PTPN X dan PTPN XI untuk membantu para petani tebu di wilayah Jawa Timur.  Alokasi dana untuk Program Kemitraan tersebut sebesar Rp 11 milyar yang akan disalurkan kepada petani tebu PTPN X sebesar Rp 7 milyar dan petani tebu PTPN XI sebesar Rp 4 milyar.

Dukungan tersebut dituangkan dalam Perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada tanggal 13 Juli 2017 di gedung Heritate Biofarma, Bandung oleh Pramusti Indrascaryo, Direktur Keuangan Bio Farma, Muhammad Hanugroho, Direktur Komersil PTPN X dan Flora Pudji Lestari, Direktur PTPN XI, serta disaksikan oleh pihak Kementerian BUMN, Asisten Deputi Bidang PKBL yang diwakili oleh Masni Napitupulu, Kasubid PKBL Kementerian BUMN.

Sinergi ketiga BUMN ini bertujuan untuk membantu para petani tebu di wilayah Jawa Timur, sesuai dengan instruksi Menteri BUMN. Penyaluran Sinergi BUMN sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN No. PER 03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016, bahwa BUMN Pembina dalam mengoptimalkan dan kelancaran pelaksanaan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan, dapat bekerjasama dengan BUMN lain dan/atau anak perusahaan BUMN untuk penyaluran Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan BUMN pembina tersebut. 

Menurut Pramusti Indrascaryo, Direktur Keuangan Bio Farma, “Alokasi dana untuk Program Kemitraan tersebut sebesar Rp 11 milyar yang akan disalurkan kepada PTPN X sebesar Rp 7 milyar dan PTPN XI sebesar 4 milyar”. Dana Kemitraan sinergi dengan PTPN X Sebesar Rp 7 milyar disalurkan kepada 125 kelompok sebanyak 332 orang petani di Kabupaten Kediri, sedangkan untuk PTPN XI Sebesar Rp 4 milyar disalurkan kepada 27 kelompok sebanyak 71 orang petani di Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan.

“Kami berkomitmen membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan, kami telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 92 milyar. Pada tahun 2017 akan menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 3 milyar yang ditujukan untuk membantu permodalan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” ujar Pramusti.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya