Proses Seleksi Siswa Mengenal Nusantara yang berlangsung di provinsi Gorontalo pada tanggal 25 Juli 2018 dikoordinir oleh Perum Jamkrindo dan Perumnas. Lokasi proses seleksi Siswa Mengenal Nusantara berlangsung di Ballroom hotel Sumber Ria, Kota Gorontalo. Proses seleksi dimulai sejak pukul 09.30 WITA hingga pukul 15.00 WITA. Peserta yang mengikuti seleksi terdiri dari 38 siswa yang berasal dari 5 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Gorontalo, ditambah dengan 3 orang peserta yang merupakan siswa disabilitas. Para peserta seleksi hadir ke lokasi dengan didampingi oleh guru masing – masing.

Acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan Jamkrindo pusat dan Diknas Dispora provinsi Gorontalo. Perwakilan dari Jamkrindo menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Kementerian BUMN karena telah mengisiasi kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari para calon peserta Siswa Mengenal Nusantara. Nantinya, para peserta yang terpilih dari Gorontalo akan memperkenalkan budaya Gorontalo dan juga mempelajari budaya baru di tempat mereka ditempatkan.

Perwakilan dari Diknas Diaspora juga menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian BUMN karena telah menggagas pelaksanaan SMN ini, sehingga para siswa kurang mampu memiliki kesempatan untuk mengenal daerah lain.

Proses seleksi terdiri dari :

  1. Seleksi administrasi/berkas;
  2. Tes intelegensi;
  3. Wawancara.

Tes intelegensi berlangsung selama 60 menit, kemudian dilanjutkan wawacara dengan rata – rata durasi 10 menit per siswa. Keseluruhan proses seleksi SMN merupakan kerja sama antara Jamkrindo, Perumnas, dan juga Dinas Dispora provinsi setempat. Kemudian, pemilihan siswa akan didasarkan pada akumulasi keseluruhan nilai tes yang dijalankan oleh siswa. Bobot nilai terbesar akan berasal dari wawancara, diikuti dengan tes intelegensi, baru kemudian seleksi administrasi. Siswa terpilih akan diberangkatkan ke Provinsi Lampung untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara 2018.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya