"Kita berterimakasih kepada teman-teman yang sudah mengikuti pelatihan dan semoga mereka bisa menjadi sahabat Antara karena kita akan tetap kontak," kata Iswahyuni saat menutup pelatihan tersebut, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu misi Perum LKBN Antara adalah mengembangkan jurnalisme Indonesia yg mendidik, mencerahkan dan memberdayakan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, dengan mengikuti pelatihan foto berita, diharapkan wartawan media lokal memiliki kompetensi yang akan menghasilkan foto berita lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Mereka akan mewarnai jurnalistik Indonesia dan kita harap mereka akan menjadi sahabat Antara di semua kegiatan," ujarnya.

Setiap tahun Perum LKBN Antara melakukan pelatihan jurnalistik dan kehumasan yang diadakan bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) melalui Program Bina Lingkungan.

"Kita selalu menggelar pelatihan jurnalistik dan kehumasan dengan literasi media, yakni memberi pelatihan jurnalistik untuk pelajar dan mahasiswa. Ini setiap tahun kita laksanakan ditempat berlangsungnya kegiatan HPN," ujarnya.

Salah satu narasumber dalam pelatihan tersebut, Mosista Pambudi menambahkan, selama mengikuti pelatihan, para peserta dituntut untuk mengumpulkan foto lepas hasil karya sendiri yang akan dievaluasi bersama.

"Dari 70 lebih foto yang berhasil dikumpulkan para peserta, ada tiga foto terbaik yang terpilih dari tiga wartawan media lokal, dan dikategorikan sebagai foto tunggal," ujarnya.

Tiga foto terbaik yang terpilih yakni, pertama, foto seorang Ibu menarik gerobak sambil menggendong balita, hasil karya wartawan Rakyat Pos, Nurul Kurniasih.

Foto kedua yakni foto pembakaran patung dalam tradisi upacara keagamaan warga China Bangka, hasil karya Mahfur Al-Hasan dari media Laskar Pelangi dan foto seorang pekerja panggung yang sedang melaksanakan pekerjaannya, hasill karya Eko Septianto wartawan LKBN Antara Biro Babel.

Pewarta : Elza Elvia

Eru Sasanti R Peni/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya