Program Mudik Bareng BUMN 2018 yang dikoordinir oleh PT Jasa Raharja (Persero) merupakan bagian dari program Mudik Bareng Guyub Rukun Badan Usaha Milik Negara. Program Mudik Bareng pada tahun 2018 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk ke – 11 kalinya oleh PT Jasa Raharja bersama dengan BUMN lain.

Peserta mudik pada program Mudik Bareng pada tahun 2018 ini mencapai sebanyak 203.114 jumlah pemudik yang diberangkatkan oleh 62 BUMN dengan menggunakan beberapa moda transportasi berupa kapal laut, kereta api, pesawat udara, dan bus.

Sebelumnya, Kementerian BUMN menargetkan jumlah pemudik tahun ini sebanyak 202.820 pemudik, namun faktanya, realisasi jumlah pemudik mencapai sebanyak 203.114 pemudik (100,14%). Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 41,8% dari tahun sebelumnya, dimana jumlah peserta mudik tahun 2017 sebanyak 118.220 pemudik. Peningkatan ini menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat terhadap program Mudik Bareng setiap tahun.

Pemberangkatan pemudik ini dimulai pada tanggal 31 Mei sampai dengan tanggal 10 Juni 2018 dengan menggunakan moda transportasi berupa 3.490 bus, 377 rangkaian kereta api, 98 kapal laut, dan juga 52 pesawat udara.

Khusus untuk tanggal 9 Juni 2018, pemberangkatan pemudik dilepas langsung oleh Menteri BUMN, Ibu Rini M. Soemarno disaksikan oleh para Direksi 62 BUMN yang mendukung Program Mudik Bareng 2018 dengan tema Mudik Bareng  Guyub Rukun BUMN ini. Menteri BUMN melepas sebanyak 26.049 pemudik yang berangkat menggunakan 500 bus, dengan tujuan beberapa kota di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Acara pelepasan ini berlangsung di Taman Impian Jaya Ancol.

Total tujuan pemudik yang diberangkatkan dalam program Mudik Bareng tahun ini mencapai 34 kota di pulau Jawa dan 45 kota di luar pulau Jawa. Rute yang tersedia untuk Mudik Bareng ini antara lain meliputi Kebumen, Magelang, Purwokerto, Solo dan Semarang di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surabaya, Lamongan, Madiun, dan Tuban di Jawa Timur.

Program Mudik Bareng ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk mempermudah mendapatkan akses transportasi saat mudik Lebaran. Di samping itu, diharapkan pemudik motor dapat berkurang, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan yang dialami oleh pemudik motor. Selanjutnya, program ini oleh BUMN dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan servis terhadap pelanggan dan karyawannya yang membutuhkan.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya