Jakarta - Wastra dalam Bahasa Sansakerta memiliki arti sehelai kain yang dibuat secara tradisional, adalah salah satu bagian dari warisan budaya nusantara yang tak lekang zaman dan terus berkembang. Keanekaragaman dan keunikan budaya dari masing-masing daerah di Indonesia melahirkan berbagai jenis wastra dengan motif dan warna yang khas dari tiap daerah seperti batik, tenun, songket, dan lainnya.

BUMN sebagai entitas bisnis milik negara yang turut berperan dalam pembangunan sosial dan ekonomi berkelanjutan, memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan warisan budaya nusantara yang di implementasikan melalui pembinaan UMKM dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Melalui Pameran Adiwastra Nasional 2017 yang berlangsung tanggal 5-9 April 2017 di Jakarta Convention Center, sebanyak 127 mitra binaan yang menggeluti industri wastra (kain tradisional) dari 31 BUMN diantaranya Adhi Karya, Antam, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, INKA, KAI, Jasa Raharja, Pegadaian, Pertamina, Jamkrindo, Peruri, PGN, Bio Farma, Inalum, PIHC, Jasa Marga, Telkom, Semen Indonesia,  Sucofindo, PNM, PTPN VIII, PTPN VI, Jasa Tirta II, TWC Borobudur, Askrindo, Pos Indonesia, PLN, Krakatau Steel, dan PT Timah, tampil untuk memamerkan hasil karya unggulan mereka.

Hal ini menjadi bukti komitmen nyata dari BUMN untuk terus mengembangkan bisnis UMKM, baik melalui tahap pendampingan, promosi hingga pemasaran melalui partisipasi di kegiatan pameran bertaraf nasional dan internasional. Seperti yang disampaikan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto saat pembukaan pameran Adiwastra Nasional di Jakarta Convention Center, Selasa, (5/4/2017) “Industri Wastra merupakan industri kreatif berbasis desain yang berdaya saing tinggi dan mampu meningkatkan ekonomi nasional, dimana melalui pameran ini diharapkan akan tercapai transaksi pembelanjaan hingga Rp. 20 milyar”.

Pameran Adiwastra Nusantara 2017 dengan tema Wastra Adati Nusantara, Warisan Budaya Tak Lekang Zaman- Traditional Textiles of the Archipelago, a Timeless Cultural Heritage’, merupakan gelaran tahun ke 10, dimana pameran ini sudah dikenal hingga mancanegara sebagai pameran kain terlengkap di Indonesia, dengan menampilkan lebih dari 400 UKM perajin, perancang dan produsen dari mitra Binaan BUMN, lembaga pengrajin binaan kementrian, Pemerintah daerah, dan perorangan.

Beberapa keunikan dan kekhasan wastra hasil karya mitra binaan dari BUMN dapat dilihat di pameran ini, salah satunya adalah binaan PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero) yang mengakulturasikan unsur tradisional dengan unsur modern, yaitu batik motif tradisional yang di kombinasikan dengan bahan denim atau jeans. Lain halnya dengan Mitra Binaan PT INKA (Persero) yang mengaplikasikan simbol dari bisnis perusahaan di motif kain batik, yaitu batik yang bergambar gerbong Kereta Api, selain itu ada pula batik bermotif Lombok yang menjadi ciri khas daerah Madiun. 

Selain kain batik, di Pameran Adiwastra ini ada pula Mitra Binaan dari PT Pertamina (Persero) yang menampilkan sutera khas Garut. Isam Samsudin yang sudah lama menjadi mitra binaan Pertamina ini menyampaikan bahwa sutera khas Garut sangat diminati oleh perajin batik hingga desainer pakaian. Saat ini produk-produk sutera hasil karyanya sudah menyebar hingga penjuru Nusantara dan karyanya pun beberapa kali tampil di pameran Internasional.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya