PARIGI MOUTONG - Setelah melalui proses tahapan pembangunan selama kurang lebih satu tahun, Masjid Ash-Shobirin di eks.lokasi Sail Tomini Kayu Bura akhirnya diresmikan oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu, Rabu (12/4).

Peresmian Masjid ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Samsurizal dan pengguntingan pita oleh Koordinator BUMN diwakili General Manager PT.Pelindo IV cabang Pantoloan Sutrisno Adi, disaksikan para pimpinan BUMN serta masyarakat Kabupaten Parigi Moutong. 

Masjid Ash-Shobirin ini dibangun diatas lahan kurang lebih 2.500 meter persegi, berukuran 12 x 28 meter, dengan kontsruksi moderen serta dilengkapi fasilitas pendingin ruangan. Anggaran pembiayaan Masjid ini seluruhnya mencapai Rp4,9 miliar yang bersumber dari dana corporate social responsibility (csr) 11 BUMN, yaitu Bank BRI, Pelindo IV, Angkasa Pura I, ASDP, Bank Mandiri, PT. Telkom, Jasa Raharja, Pertamina, Bank BNI, PT Semen Indonesia dan PT.PLN.

Koordinator BUMN diwakili General Manager PT.Pelindo IV cabang Pantoloan, Sutrisno Adi mengatakan, dana CSR yang dikeluarkan oleh 11 BUMN tersebut merupakan kesepakatan bersama para pimpinan 11 BUMN pada tanggal 6 Januari 2016 di Makassar. Dana CSR atau dana tanggungjawab sosial perusahaan ini adalah dana yg dialokasikan dari keuntungan perusahaan termasuk BUMN untuk masyarakat. “Dana CSR ini digunakan sebagai kompensasi kepada masyarakat atas kegiatan perusahaan di daerah,”ujarnya.

Menurut Sutrisno, pembangunan masjid ini tidak bisa terlepas dari kerja keras panitia dan partisipasi dari berbagai pihak, baik berupa pikiran, tenaga dan materi, terlebih lagi dukungan dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Sebagai koordinator BUMN, Sutrisno juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berpartisipasi terlaksananya pembangunan Masjid Ash-Shobirin, yaitu para pimpinan 11 BUMN yang sangat serius memperhatikan dan berkontribusi dalam membiayai proses pembangunan masjid ini, termasuk Bupati Parigi Moutong bersama panitia pembangunan Masjid Ash-Ahobirin yang tetap istiqomah mengurus kepentingan ibadah umat Islam di daerah ini.

Sementara itu, Bupati H. Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada 11 BUMN yang terlibat membantu pendanaan sehingga masjid ini bisa berdiri megah di Eks.lokasi Sail Tomini. Bupati mengatakan, konstruksi bangunan masjid ini terinspirasi dari bangunan masjid Atat-Awun yang berada di puncak Bogor. “Saya berharap masyarakat muslim tidak hanya tertarik dengan kemegahan masjid ini, apalagi hanya datang selfie dan foto di tempat ini. Tetapi mari kita gunakan masjid ini benar-benar sebagai tempat untuk beribadah,”harapnya

Kedepan agar masjid itu tetap ramai, ia berencana setiap pelepasan Jamaah calon haji diberangkatkan dari masjid itu. “Disini lokasi parkirnya sangat luas, sehingga saya berencana mulai tahun ini, pemberangkatan jamaah haji dilepas dari Masjid ini,”ujarnya. Bupati juga mengajak masyarakat muslim untuk menjaga dan merawat masjid ini dengan sebaik-baiknya. “Ini rumah Allah, jadi jangan dirusak atau diambil fasilitasnya, sudah cukup beberapa fasilitas di eks.lokasi sail tomini ini rusak dan diambil secara paksa oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Saya harapkan itu tidak terjadi di masjid ini. Jika itu terjadi, maka tunggulah laknat dan balasan Allah akan lebih kejam,”tandasnya.

Usai peresmian, Bupati bersama tamu undangan lainnya meninjau langsung ruangan masjid Ash-Ahobirin. Bahkan Bupati Samsurizal sempat melakukan sujud syukur atas selesainya pembangunan masjid Ash-Shobirin. **

 

sumber - http://www.parigimoutongkab.go.id/11-berita/105-bupati-parigi-moutong-resmikan-masjid-ash-shobirin.html

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya