Salawase Bag, Tas Kulit Lokal dengan Kualitas Internasional

              Salawase merupakan istilah Bahasa Jawa yang memiliki arti ‘selamanya’. Istilah inilah yang menjadi inspirasi pasangan suami istri Mamo Kadaryatmo dan Suyanni, dalam memproduksi tas kulit  dengan nama merek ‘Salawase’.

              Keduanya menjadi Mitra Binaan PT Telkom (Persero) sejak Desember 2017 di bidang usaha kerajinan tas kulit asli. Sedangkan usaha ini telah dirintis sejak tahun 2013. Produknya berfokus pada tas dengan bahan kulit yang dikombinasikan dengan keindahan aneka kain nusantara.

            “Kami berdua terkesan dengan keindahan kain-kain yang ada di Indonesia. Karena setiap daerah kan punya corak khas masing-masing. Jadi kami ingin mengusung keindahan tersebut ke dalam produk-produk Salawase,” tutur Yanni.

             Harga produk tas kulit ini berkisar dari Rp 750.000.000,- sampai dengan Rp 2.500.000,- tergantung kombinasi dan material yang digunakan. Material utamanya berupa kulit asli dari ular python, ular cobra, sapi, kambing, domba, buaya, hingga biawak yang kemudian dikombinasikan dengan kain nusantara. Karena dibuat secara handmade, produk Salawase tidak dipasarkan secara massal. Hal ini membuat produk Salawase menjadi eksklusif alias tidak ada duanya.

           Segmen tas kulit ini adalah kalangan menengah keatas dengan rentang usia 30 tahun ke atas. Sedangkan target pasarnya lokal dan mancanegara. Sertifikasi yang sudah dilakukan yaitu sertifikasi merk “Salawase”.

            Pinjaman dari PT Telkom (Persero) sebesar Rp 25.000.000,- digunakan untuk membeli bahan baku dan mengembangkan pemasaran digital. Harapannya kedepan supaya Salawase makin dikenal luas, khususnya oleh target pasar mereka. Pada bulan Maret 2018 ini akan diikutkan Telkom Craft serta dalam pameran di Solo, selanjutnya produk Salawase juga akan dipamerkan di Rumah Kreatif BUMN.

           Cantiknya produk-produk Salawase dapat diintip di akun Instagram https://www.instagram.com/salawasebags/ atau hubungi nomor +62 816672605 untuk pemesanan sesuai keinginan pelanggan.  

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X