Liran - Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam kunjungan kerja bersama sejumlah direktur utama BUMN ke Pulau Moa dan Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, selama 2 hari (6 – 7 Agustus 2017). Kehadiran BUMN di Kabupaten Maluku Barat Daya ini juga merupakan perwujudan komitmen BUMN dalam melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, terutama untuk mendorong kemajuan dan perkembangan Kawasan Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

Dalam kunjungan hari pertama Minggu (6/8) ke Broadband Learning Center (BLC) dan Pustaka Digital (PaDi) PT Telkom di Pulau Moa, Menteri Rini berdialog dengan sejumlah siswa SD disana. Ia meminta agar fasilitas BLC dan PaDi tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.

"Melalui BLC, kini siswa-siswi disini dapat belajar secara virtual, mengakses buku dan sumber pengetahuan lain melalui PaDi. Manfaatkanlah fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca kita bangsa Indonesia pasti akan jaya dan menguasai dunia," pesan Rini.

Sementara itu Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno mengatakan, kehadiran BUMN di Pulau Moa mengembuskan angin segar dan harapan untuk memajukan perekonomian Maluku Barat Daya.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran Ibu Menteri di Maluku Barat Daya ini, apalagi Ibu Menteri merupakan menteri pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Moa sejak republik ini merdeka. Saya berharap kehadiran Ibu Menteri dan BUMN disini dapat menggerakkan roda perekonomian disini, apalagi kami memiliki potensi Blok Marsela dan pariwisata yang sangat potensial untuk dikembangkan," ujar Barnabas.

Menteri BUMN Rini Soemarno, kunjungan hari kedua ke Pulau Liran, Senin (7/8) melakukan kunjungan kerja ke Pulau Liran, pulau terpencil yang berbatasan langsung dengan Timor Leste setibanya Menteri BUMN Ibu Rini disambut tarian dan musik tradisional Maluku. Kemudian, ia menuju Pantai Tugu Tapal Batas Pulau Liran yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Tiba disana, Ibu Rini beserta didampingi Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno,  Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo dan sejumlah Direksi BUMN mengikuti upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di sebuah perbukitan dengan ketinggian sekitar 42 meter yang menghadap ke lautan luas dan pengibaran 1000 bendera Sang Saka Merah Putih di Tapal Batas.

Menteri BUMN juga meresmikan pengoperasian menara telekomunikasi (BTS) Telkomsel anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) di Desa Ustutun. Hal itu dirasa perlu karena selama ini, warga di Pulau Liran hanya dapat menikmati jaringan telekomunikasi seluler milik operator telekomunikasi Timor Leste, Telkomcel dengan tarif roaming internasional. Itu pun hanya menjangkau sebagian kecil Pulau Liran.

"Diharapkan, adanya jaringan Telkomsel dapat memudahkan komunikasi warga Pulau Liran dengan pulau lainnya bahkan ke provinsi, serta meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah ini," ujar Rini.

Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani Sampul Peringatan Peresmian Simbolis Tugu Kodepos Pulau Liran. Tugu Kodepos digagas oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika – Kementerian Komunikasi dan Informatika, untuk mendukung program Nawacita yaitu memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI. Sengaja ditempatkan di wilayah perbatasan, pulau terluar maupun pulau terdepan NKRI. yang  merupakan implementasi program Nawacita. Bangunan ini mulai dibangun sejak 2012 dan sampai 2016 sudah dibangun di 106 lokasi, ditambah 1 lokasi di Liran yang dibangun tahun 2017.

Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri BUMN menyerahkan sejumlah bantuan dari BUMN, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru dengan total bantuan sebesar Rp 5,9 Milyar.

Kunjungan kerja ini merupakan wujud  sinergi sejumlah BUMN antara lain Pos Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Taspen, Jas Raharja, PLN, ASDP Indonesia Ferry, Pertamina dan Pelni merupakan salah satu wujud program BUMN Hadir untuk Negeri bagi warga Maluku, khususnya Pulau Liran dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini.

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X