Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 Februari 2020 di Magelang dan Yogyakarta. Rakor kali ini dihadiri oleh Bapak Arya Sinulingga selaku Staf Khusus III Menteri BUMN, Ibu Dewi Ariyani selaku Asdep TJSL serta masing-masing perwakilan yang membidangi PKBL dari tiap-tiap BUMN.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta yang dikelola oleh Bank BRI. Disana para peserta belajar tentang bagaimana pengelolaan RKB yang baik, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengelolah RKB, kegiatan apa saja yang ada di RKB, pelatihan apa saja yg dilaksanakan dan lain-lain. Pada kesempatan tersebut, para peserta rakor juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa anggota RKB Yogyakarta yang memiliki usaha yang maju berkat bantuan RKB. Mereka bercerita bagaimana awalnya bisa bergabung dengan RKB hingga usahanya berkembang pesat. Kunjungan dilanjutkan menuju RKB Sleman yang dikelola oleh Bank BNI. RKB tersebut berlokasi di Gedung Disperindag Sleman dan terdapat ruang pameran untuk produk UMKM.

Perjalanan dilanjutkan dengan Safari Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Peserta rakor dibagi menjadi 3 tim dan masing-masing tim mengunjungi 2 Balkondes. Kelompok pertama menuju Balkondes Bigaran untuk melihat proses pengolahan coklat, kemudian menuju Balkondes Majaksingi untuk belajar mengenai pengolahan kopi. Kelompok kedua menuju Balkondes Karangrejo untuk melihat pertanian strawberry organik, kemudian menuju Balkondes Tanjungsari dan belajar mengenai pengolahan tahu. Kelompok ketiga menuju Balkondes Tegalarum untuk belajar mengenai bagaimana mengolah sampah plastik menjadi souvenir, kemudian menuju Balkondes Bumihardjo untuk melihat Kampung Dolanan Anak. Seusai safari Balkondes, para peserta berkumpul di Balkondes Ngargogondo untuk makan malam dan melihat pertunjukan tarian tradisional. Pada kesempatan tersebut, Staff Khusus III Menteri BUMN memberikan paparan serta arahan mengenai PKBL.

Pada hari kedua, para peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk melaksanakan FGD dengan 3 tema. Kelompok pertama berdiskusi dengan tema Rumah BUMN (RB). Diskusi tersebut membahas mengenai program kerja RB, sumber pendanaan dll. Kelompok kedua berdiskusi dengan tema Satgas Bencana. Diskusi membahas mengenai struktur organisasi Satgas Bencana, PIC yang ditunjuk di tiap provinsi serta bagaimana koordinasi antar BUMN dalam mengambil tindakan saat ada bencana. Kelompok ketiga berdiskusi dengan tema Peraturan Menteri. Diskusi membahas tentang pasal-pasal apa saja yang perlu diperbaiki sesuai dengan kondisi saat ini. Di akhir kegiatan tiap-tiap kelompok melakukan presentasi hasil dari FGD.