Program Mudik Gratis merupakan program tahunan dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan dikoordinir oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015. Program tersebut merupakan perwujudan peran BUMN sebagai Agent of Development yang dilandasi semangat kolaborasi yang bernilai sosial tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan mudik dan balik dari kampung halaman. Program Mudik Gratis memiliki maksud untuk memfasilitasi masyarakat yang akan mudik dan balik melalui kolaborasi BUMN dan bertujuan untuk memberikan kepastian keberangkatan dengan mudah, nyaman, dan aman.

 

Data historis Mudik Gratis mencatat bahwa setiap tahun terjadi peningkatan jumlah pemudik secara signifikan yang menandakan antusias masyarakat memanfaatkan program tersebut untuk dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Data series mudik gratis tahun 2015 – 2019 adalah sebagai berikut:

 

Data Pemudik dan BUMN Partisipan 2015 - 2019

 

Adapun detail pelaksanaan Mudik Gratis Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

Infografis Mudik Gratis Tahun 2019

 

Melihat peran dan dampak dari pelaksanaan Program Mudik Gratis tersebut, maka Program Mudik Gratis akan kembali dilaksanakan pada tahun 2020 ditandai dengan terbitnya Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-32/MBU/01/2020 tanggal 23 Januari 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2020 yang menunjuk PT Jasa Raharja (Persero) sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Mudik Gratis Tahun 2020 dengan Anggota Satgas adalah 106 BUMN yang terlibat dalam pelaksanaan Mudik Gratis Tahun 2020. Keputusan Menteri tersebut disosialisasikan melalui Kick off Meeting Program Mudik Gratis Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Bapak Kartika Wirjoatmodjo selaku Wakil Menteri BUMN II pada hari Senin, 27 Januri 2020 bertempat di Plaza Mandiri, Jakarta yang dihadiri Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis, Bapak Yuni Suryanto, Staf Khusus III Menteri BUMN, Bapak Arya Sinulingga, dan Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Ibu Dewi Ariyani, serta 107 BUMN terlibat dalam pelaksanaan Program Mudik Gratis Tahun 2020 atau Satgas Mudik Gratis.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri BUMN II menyampaikan arahan agar kegiatan Mudik Gratis dapat menjadi sarana bagi BUMN untuk mengenalkan program-program BUMN kepada rakyat, serta dapat meningkatkan citra BUMN. Melalui Mudik Gratis Tahun 2020 ini diharapkan agar BUMN-BUMN dapat melaksanakan sinergi bersama dan dapat menyentuh rute-rute daerah tujuan mudik yang sulit terjangkau oleh masyarakat sehingga kegiatan mudik gratis dapat menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan kehadiran BUMN kepada masyarakat.

 

Agenda Kick off Meeting selanjutnya adalah paparan Mudik Gratis oleh Direktur Utama
PT Jasa Raharja (Persero), Bapak Budi Raharjo Slamet, menyampaikan evaluasi atas pelaksanaan Mudik Gratis 2019 antara lain kurangnya kedisiplinan BUMN anggota satgas Mudik Gratis 2019 untuk mendaftarkan dan menggunakan sistem informasi dashboard pendataan, oleh karena itu untuk pelaksanaan Mudik Gratis 2020 akan ditekankan untuk menggunakan sistem informasi dashboard agar dapat memberikan informasi secara akurat dan realtime. Selain itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero), Bapak Budi Raharjo Slamet, menyampaikan bahwa Flag off Mudik Gratis akan diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2020 yang terpusat di Gelora Bung Karno. Satgas Mudik Gratis BUMN Tahun 2020 akan bekerja sama dengan media untuk memasifkan publikasi dan liputan terkait terlaksananya Mudik Gratis BUMN Tahun 2020.

 

Pelaksanaan Mudik Gratis Tahun 2020 menargetkan jumlah pemudik sebanyak 275.000 pemudik melalui 80 Kota Keberangkatan yaitu 34 Pulau Jawa dan 46 Luar Jawa menggunakan 4 armada yaitu Pesawat Terbang, Bus, Kereta Api dan Kapal. Pelaksanaan Program Mudik Gratis di Tahun 2020 diharapkan angka kecelakaan menurun sebanyak 65%, menggerakkan tingkat ekonomi di daerah dan meningkatkan brand equity.

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X