Sabtu tanggal 18 Agustus 2019 dilaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Upacara tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri 2019. BUMN yang menjadi PIC dari kegiatan BHUN di Provinsi Sumatera Selatan adalah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), serta Perum Perumnas dan PT Perkebunan Nusantara VII (Persero) selaku Co-PIC.

Upacara diikuti oleh Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, direksi BUMN PIC dan Co-PIC, perwakilan karyawan BUMN dan anak perusahaan yang berlokasi di Kota Palembang, pihak TNI Angkatan Laut, perangkat Pemerintah Provinsi, serta peserta Siswa Mengenal Nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diakhiri pada pukul 08.40 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan Bina Lingkungan dan CSR BUMN, berikut dengan penyerahan secara simbolis bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar. Penyaluran Bina Lingkungan dan CSR yang disalurkan di Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka kegiatan HUT RI ke 74 antara lain:

  1. Renovasi rumah pahlawan sebanyak 4 (empat) unit;
  2. Biaya Pendidikan untuk 30 siswa SD, SMP, SMA, dan disabilitas;
  3. Pembuatan 1 (satu) unit kafe baca;
  4. Pembangunan 50 MCK;
  5. Penyediaan 2 (dua) unit sarana air bersih;
  6. Penyerahan dana BL/CSR sebesar Rp 1.400.000.000,-.

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan lomba-lomba tradisional bersama masyarakat yang diselenggarakan di Kantor Cabang PT Pelindo II (Persero) Palembang dan penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba. Pada hari kedua, Minggu 18 Agustus 2019, diselenggarakan kegiatan Jalan Sehat 5 Kilometer yang diikuti oleh 10.000 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar dan karyawan BUMN yang berlokasi di Kota Palembang. Acara Jalan Sehat turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan yang melakukan prosesi flag off untuk melepas para peserta acara Jalan Sehat.

Dalam acara tersebut, turut diselenggarakan pameran Mitra Binaan BUMN, kuliner dan pengobatan gratis, pembagian doorprize, serta hiburan utama oleh bintang tamu Cokelat Band.