Bank Sampah dan Taman Desa yang dinamakan “The Gade Clean & Gold” diresmikan oleh PT Pegadaian (Persero) di Desa Setia Asih, Kabupaten Bekasi. Peresmian ini dimulai pada pukul 15.30 WIB, Kamis, 2 Agustus 2018. Melalui bank sampah ini, Pegadaian mencoba memfasilitasi konversi sampah menjadi tabungan emas.

Masyarakat dapat menjual sampah dan hasil penjualannya dapat disimpan dalam bentuk tabungan emas Pegadaian. Nantinya, sampah – sampah ini akan didaur ulang menjadi berbagai macam hal yang bermanfaat, antara lain sampah organik akan didaur ulang menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik, akan diolah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian bersih – bersih, yakni program bersih – bersih lingkungan, program bersih – bersih administrasi, dan juga program bersih – bersih hati.

“Kita berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan akan meningkat, sehingga program Sampah Menjadi Emas yang kita canangkan bersama – sama dengan pemerintah, dapat mencapai hasil yang maksimal.” Ujar Sunarso yang merupakan Direktur Utama dari Pegadaian.

Sunarso juga mengatakan, tujuan pendirian Bank Sampah ini adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat, berkontribusi pada pengelolaan daur ulang sampah, dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dengan kegiatan ini, Pegadaian berharap, masyarakat dapat lebih tertarik terhadap produk – produk Pegadaian dan menjadi nasabah loyal Pegadaian. Kini, pihaknya telah berhasil mendirikan 12 bank sampah serupa di Indonesia.

Rencananya, program Bank Sampah dan Taman Desa ini akan direalisasikan di desa – desa lainnya di Indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap kebersihan lingkungan dan menegaskan manfaat kehadiran BUMN yang siap Hadir untuk Negeri.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya