Sebagai wujud kepedulian BUMN, Sabtu 7 Oktober 2017, Kementerian BUMN yang diwakili oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara. Bantuan ini diserahkan kepada warga pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung yang berada di posko pengungsian Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe didampingi oleh Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana selaku pemerintah Kabupaten Karo. Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya diberikan kepada Kementerian BUMN dan BUMN yang terlibat atas perhatian kepada masyarakat Kabupaten Karo khususnya para pengungsi Gunung Sinabung. Terkelin Brahmana juga menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini terdapat 2.117 KK yang masih berada di posko pengungsian dan masih membutuhkan berbagai kebutuhan baik sandang, pangan, peralatan untuk pertanian serta peralatan sekolah baik dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0205/TK Letkol Inf. Agustatius Sitepu, Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan kementerian BUMN Indriani Widiastuti, Direktur Pelaksana PTPN III Nur Hidayat, Direktur Umum dan SDM PT Inalum Carry E. F Mumbunan, Direktur Keuangan PT Pelindo I Farid Luthfi, Direktur SDM PTPN IV Rizal Damanik dan perwakilan dari beberapa BUMN.

Untuk mengkoordinir bantuan, dari BUMN donatur telah ditunjuk 4 BUMN koordinator yaitu PT Inalum, PTPN III, PTPN IV dan Pelindo I. Bantuan yang diberikan kepada para pengungsi sebesar Rp. 1,875 miliar yang berasal dari 31 BUMN Donatur.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN menyampaikan sesuai dengan tagline yang diusung BUMN saat ini “BUMN Hadir Untuk Negeri” bahwa BUMN melakukan berbagai bentuk kegiatan di seluruh Indonesia dengan melibatkan seluruh warga Indonesia. Sebagaimana kita ketahui tujuan dari BUMN adalah sebagai agen pembangunan, perintisan dan yang terpenting adalah BUMN merupakan bagian dari rakyat Indonesia sehingga BUMN harus selalu ada bagi rakyat Indonesia.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya