Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan 1440 H, Kementerian BUMN dan BUMN melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan 2019 di 34 propinsi di Indonesia. Kegiatan Safari Ramadhan merupakan salah satu wujud BUMN Hadir Untuk Negeri. Program BUMN Hadir untuk Negeri merupakan aksi nyata BUMN agar turut serta membangun kesejahteraan dan berperan dalam pemerataan hasil pembangunan serta menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai Agen Pembangunan.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440 H terdiri atas kegiatan santunan anak yatim, bantuan pesantren/panti asuhan, Wakaf Al-Quran, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Pelaksanaan Safari Ramadhan di provinsi DIY oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk/PT PP, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero)/TWC, PT Bahana (Persero)/Bahana, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) / KBI, dan PT Primissima (Persero) / Primissima.

Kegiatan Safari Ramadhan 2019 DIY dilaksanakan di pada 23-24 Mei di Kades Palihan, Kulonprogo berupa Pasar Murah, Santunan Anak Yatim di Masjid Al-Akbar, New Airport Yogyakarta, Kulonprogo dan Penyerahan 1000 Al-Quran secara simbolis kepada Kepala Kantor Agama Sleman dan Kepala Desa Triharjo di Kantor Primissima di Sleman. Seribu paket sembako murah berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kotak teh celup, 1 kg tepung terigu, 1 kaleng susu kental manis, 1 botol kecap, serta 1 kaleng wafer ludes terjual kepada masyarakat di 5 desa di Kawasan DIY.

Acara dihadiri oleh Direktur Utama Primissima Usmansyah, Direktur KBI Agung Rihayanto, Kepala Departemen External Affair PT PP M Arif Iswahyudi, Kabid Kebijakan TJSL Kementerian BUMN Eko Setiawan, dan perwakilan BUMN PIC serta pejabat daerah setempat.

Agung menyampaikan bahwa kegiatan santunan dan pemberian bingkisan ini adalah salah satu bentuk dukungan dari masyarakat yang selama ini mendukung bisnis BUMN. Kedepannya, BUMN diharapkan dapat terus maju sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.