Sugeng Rawuh, nindakake sing paling apik

Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraan Program Siswa Mengenal Nusantara, Yogyakarta tidak ketinggalan dalam kegiatan pencarian siswa-siswi terpilih yang menjadi wajah kota pelajar di tahun 2018 ini. Siswa-siwa terpilih ini nantinya akan menjalani serangkaian program untuk meningkatkan wawasan mengenai BUMN, sosial budaya, pendidikan, kewirausahaan, dan tentunya wawasan nusantara tercinta. Untuk tahun ini para siswa-siswi Yogyakarta akan terbang untuk mengunjungi daerah Kalimantan tengah, khususnya Palangkaraya dalam rangka melaksanakan Program Siswa Mengenal Nusantara yang dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN, PIC Angkasa Pura I, dan Co-PIC Garuda Indonesia, KBI, serta ReIndo.

Sebanyak 35 dari 40 siswa yang mendaftar melakukan kegiatan seleksi secara tertib dan lancar selama satu hari di Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Kegiatan seleksi yang dijalani oleh para siswa berupa ujian tertulis dan ujian wawancara oleh Diknas dan BUMN. Seluruh siswa memberikan banyak pilihan sulit kepada para juri karena secara keseluruhan para siswa memiliki bakat-bakat yang sangat bagus. Ke-35 siswa tersebut datang dari 5 kabupaten/kota yang ada di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dengan rincian :

  1. 5 siswa dari Kabupaten Gunung Kidul
  2. 8 siswa dari Kabupaten Kulon Progo
  3. 7 siswa dari Kabupaten Sleman
  4. 7 siswa dari Kabupaten Bantul
  5. 8 siswa dari Kota Yogyakarta

Seraya memperkenalkan keragaman budaya melalui interaksi potensi daerah di nusantara, Program Siswa Nuantara juga memberikan perkenalan secara langsung komponen pemerintah, daerah, bahkan desa dan masyarakat dalam memupuk dan memberikan rasa cinta tanah air dan keberagaman kepada para generasi muda yang memiliki tanggungjawab besar dalam mengemban tugas untuk membawa nama Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, dalam sambutannya, Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Bpk Eko Setiawan memberikan memotivasi kepada para siswa-siswi untuk memberikan yang terbaik kepada nusantara, “Ini merupakan kesempatan yang sangat hebat, lakukan yang terbaik, dan jangan menyerah bagi yang tidak lolos, karena kalian semua siswa-siswi yang sudah terpilih dan luar biasa”, pungkasnya.

Di hari yang sama, dilaksanakan rekapitulasi hasil penjurian dan pemilihan 20 siswa-siswi terpilih SMN Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ke-20 siswa-siswi ini nanti akan bergabung dengan 3 siswa Difabel hasil seleksi dari Diknas Setempat untuk melakukan keseluruhan program SMN yang dimulai pada minggu kedua Agustus 2018.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya