Bandung - Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesi, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa yang merupakan bagian program BUMN Hadir untuk Negeri ini.

Tujuan Kegiatan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan. Sudah memasuki tahun ke-3 kegiatan ini dijalankan serempak seluruh Indonesia, salah satunya acara yang yang digelar di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Senin, 17 Juli 2017 ini dalam acara penerimaan siswa dari provinsi Bangka Belitung dan pelepasan siswa dari  Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan pertukaran pelajar siswa ini diikuti oleh siswa/i dari SMU/SMK dan SLB yang berprestasi  ini telah menjalani seleksi diwilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan SMN selama 7 hari. Adapun BUMN yang melaksanakan kegiatan  SMN di Bandung yaitu Bank Mandiri, Bio Farma, Perum Jasa Tirta II dan PTPN VIII mengirimkan sebanyak 27 siswa  yang berasal dari Jawa Barat untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang sedangkan BUMN pelaksana program SMN di Bangka Belitung Perum Jamkrindo bersama dengan PT Sucofindo mengirimkan sebanyak 20 siswa dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ikut program ini diserahkan kepada BUMN yang akan melaksanakan kegiatan  SMN di Bandung.

Program SMN diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya yakni kegiatan memahami budaya-budaya,mencintai keindahan alam, menghayati serta belajar dari potensi sumber daya alam dan leluhur bangsa ini. Dengan program ini, siswa bisa mengenal budaya nusantara lebih dalam bahwa masih ada keanekaragaman budaya daerah yang tidak sama dari satu daerah dengan daerah lain dengan demikian wawasan tentang nusantara semakin luas harapannya para siswa SMN bisa mempunyai pengalaman positif serta membawa dampak yang baik bagi masyarakat di provinsi masing-masing.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya