Ambon – Bedah Rumah Veteran (BRV) merupakan salah satu kegiatan Kementrian BUMN melalui BUMN di seluruh Indonesia sebagai salah satu kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya para veteran yang telah berjasa dalam membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.   

Salah satu propinsi yang menjadi tujuan pelaksanaan BRV tahun 2017 adalah Propinsi Maluku dimana rencana pelaksanaan BRV tahun 2017 di Propinsi Maluku adalah sebanyak 237 unit rumah yang akan dilaksanakan oleh 4 BUMN, yaitu PT Taspen, PT. Angkasa Pura I, Perum Bulog dan PT Pertamina.   Penetapan rumah veteran yang akan dibedah/direnovasi dilakukan melalui koordinasi BUMN dengan Kodam Pattimura dan LVRI Propinsi Maluku.   Adapun teknis pelaksanaan BRV dilakukan melalui 2 mekanisme, yaitu bekerja sama dengan Koramil setempat sebagai pelaksana proyek dan dilaksanakan sendiri oleh BUMN/anak perusahaan BUMN sebagai pelaksana proyek.

Sampai dengan bulan September 2017, BRV di Propinsi Maluku telah diselesaikan sebanyak 22 unit rumah yang berlokasi di Desa Liang dan Desa Larike, Kabupaten Maluku Tengah.  BRV yang masih dalam proses pengerjaan konstruksi sebanyak 24 unit rumah berlokasi di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Maluku Tengah.  Sedangkan rumah veteran yang sudah selesai disurvey dan siap direalisasikan pelaksanaannya sebanyak 144 unit rumah dan sisanya sebanyak 47 unit rumah masih dalam tahap survey yang tersebar di beberapa lokasi di Propinsi Maluku.  BUMN pelaksana BRV di Propinsi Maluku maupun pelaksana proyek menyatakan bahwa target pelaksanaan BRV di Propinsi Maluku tahun 2017 dipastikan dapat selesai seluruhnya pada tahun 2017.

Peran serta pemerintah melalui Kementrian BUMN dan BUMN melalui BRV ini diharapkan sedikit banyak dapat membantu para veteran dalam mengatasi kesulitan di hari tuanya untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak sebagai salah satu apresiasi pemerintah atas jasa para veteran kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya