Generasi milenial memiliki gaya hidup yang jauh berbeda dengan generasi – generasi sebelumnya. Salah satu gaya hidup yang melekat pada generasi milenial adalah mereka identik dengan hobi jalan-jalan atau traveling. Mencermati ini, Pegadaian berinisiatif untuk melakukan edukasi keuangan bagi komunitas traveler yang ada di Kota Jakarta dengan berkolaborasi bersama Kumpul, salah satu startup yang banyak menyelenggarakan kegiatan dengan berbagai komunitas lokal. Pegadaian memberikan edukasi kepada para traveler dengan tujuan agar mereka mampu menyeimbangkan antara kebutuhan utama dengan kebutuhan untuk memenuhi hobi.

Khoiriyah Dwi Putranti selaku AVP Departemen Komunikasi & Literasi dan Inklusi PT Pegadaian (Persero) menyampaikan bahwa menjalani hobi seperti traveling tidak menjadi masalah selama mereka (generasi milenial) mampu mengelola keuangan dengan tepat dan bijak.

“Menjalani hobi adalah salah satu wujud aktualisasi diri dan tidak ada masalah untuk itu. Namun sangat disayangkan apabila generasi milenial rela mengorbankan kebutuhan yang jauh lebih penting hanya demi hobi. Untuk itu, mereka harus mampu mengelola keuangan dengan bijak. Dengan demikian, mereka bisa menyalurkan hobi dengan tetap mampu memenuhi kebutuhan yang jauh lebih penting seperti kebutuhan untuk menabung atau berinvestasi,” tegasnya pada acara edukasi yang dilaksanakan di Ruang & Tempo Jakarta (Sabtu, 22/02/2020).

Dalam perkembangannya, banyak anak muda yang mampu menjadikan hobi sebagai peluang bisnis. Seperti sosok Yovita, Managing Director di TelusuRI yang turut berbagi pengalaman di acara edukasi keuangan bersama komunitas traveler Jakarta. Diawali dengan kecintaannya terhadap pesona alam dan budaya Indonesia, Ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang travel enthusiast dengan membuat travel blogger, travel vlogger, travel wiriter, dan konten-konten lainnya.

“Traveling trennya sudah sangat hype, minat anak muda sangat tinggi untuk berwisata. Hobi jalan-jalan sekalipun bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bagi generasi milenial,” terang perempuan bernama lengkap Yovita Ayu Liwanuru ini.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Yovita, Oley selaku Founder dan COO di PT Traxist Kreatif Indonesia yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang bagaimana pengalamannya yang sudah mengunjungi 78 negara.

“Berawal dari semangat dan ambisi menjadikan sebuah perjalanan tidak sekedar bersenang-senang, Traxist dibentuk  dengan keyakinan bahwa sebuah perjalanan pasti memiliki makna dan pengalamannya sendiri,” jelasnya.

Melalui kegiatan edukasi ini, Pegadaian juga mengajak komunitas traveler Jakarta untuk menjadi Agen Pegadaian. Di Pegadaian terdapat mekanisme keagenan dengan tiga jenis agen yaitu agen pemasaran, agen pembayaran, dan agen gadai. Agen akan mendapatkan fee untuk setiap transaksi berdasarkan jenis produk dan jumlah transaksi. Dengan menjadi Agen Pegadaian, hobi traveling bisa menjadi penghasilan tambahan bagi para anggota komunitas traveler.