Perkebunanan Nusantara VII menggelar  pelatihan manajemen usaha kecil bagi mitra binaan PKBL wilayah Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Pelatihan bekerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

 

Kabag Umum dan PKBL Sultan Mr mengatakan, diklat dilaksanakan selama empat hari minggu Rabu - Sabtu (20-23/2017) di Hotel Nusantara. Pelatihan ini  diikuti  180  mitra binaan, dengan rincian 90 mitrabinaan dari Lampung, 60 orang dari Sumsel dan 30 orang dari Bengkulu.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Untuk sesi pertama diikuti mitra binaan wilayah Lampung dan Sumsel, dilaksanakan pada Rabu-Kamis  (20-21/2017). "Untuk sesi kedua dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (22-23/2017), bagi mitra binaan wilayah Lampung dan Bengkulu," katanya. 

 

Menurutnya, dilaksanakan pelatihan ini bertujuan untuk membina para mitra binaan agar dapat mengelola usaha dengan baik. "Dalam pelatihan tersebut akan diberikan materi tentang manajemen usaha kecil," kata Sultan.

 

Kegiatan ini, kata Sultan merupakan kewajiban perusahaan melakukan pembinaan selain memberikan pinjaman modal usaha kepada mitrabinaan. Ia meminta kepada seluruh mitra binaan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan tanggungjawab. Sehingga nantinya dapat menerapkan hasil pelatihan dalam kegiatan usaha yang dijalani agar terus meningkat.

Dalam pelatihan ini, PTPN VII menampilkan pemateri dari Unila,  Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung.Selama pelatihan para mitrabinaan diberikan materi tentang, pembukuan usaha kecil, pengantar manajemen usaha kecil, desain perencanaan bisnis, kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia, strategi pemasaran dan pengelolaan penjualan, perlindungan hukum dalam usaha, dan strategi mencari peluang usaha dan ESQ. (Humas PTPN VII)