Perkebunanan Nusantara VII menggelar  pelatihan manajemen usaha kecil bagi mitra binaan PKBL wilayah Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Pelatihan bekerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

 

Kabag Umum dan PKBL Sultan Mr mengatakan, diklat dilaksanakan selama empat hari minggu Rabu - Sabtu (20-23/2017) di Hotel Nusantara. Pelatihan ini  diikuti  180  mitra binaan, dengan rincian 90 mitrabinaan dari Lampung, 60 orang dari Sumsel dan 30 orang dari Bengkulu.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Untuk sesi pertama diikuti mitra binaan wilayah Lampung dan Sumsel, dilaksanakan pada Rabu-Kamis  (20-21/2017). "Untuk sesi kedua dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (22-23/2017), bagi mitra binaan wilayah Lampung dan Bengkulu," katanya. 

 

Menurutnya, dilaksanakan pelatihan ini bertujuan untuk membina para mitra binaan agar dapat mengelola usaha dengan baik. "Dalam pelatihan tersebut akan diberikan materi tentang manajemen usaha kecil," kata Sultan.

 

Kegiatan ini, kata Sultan merupakan kewajiban perusahaan melakukan pembinaan selain memberikan pinjaman modal usaha kepada mitrabinaan. Ia meminta kepada seluruh mitra binaan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan tanggungjawab. Sehingga nantinya dapat menerapkan hasil pelatihan dalam kegiatan usaha yang dijalani agar terus meningkat.

Dalam pelatihan ini, PTPN VII menampilkan pemateri dari Unila,  Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung.Selama pelatihan para mitrabinaan diberikan materi tentang, pembukuan usaha kecil, pengantar manajemen usaha kecil, desain perencanaan bisnis, kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia, strategi pemasaran dan pengelolaan penjualan, perlindungan hukum dalam usaha, dan strategi mencari peluang usaha dan ESQ. (Humas PTPN VII)

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya