Denpasar, 27 Mei 2019 - Program BUMN Hadir untuk Negeri merupakan aksi nyata BUMN agar turut serta membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pelaksanaan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai Agen Pembangunan untuk turut serta Membangun Kapasitas Nasional.

 

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Bulan Ramadhan pada tahun 2019, Kementerian BUMN dan BUMN melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di 34 provinsi di Indonesia. Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440 H terdiri atas kegiatan santunan anak yatim, bantuan pesantren/panti asuhan, Wakaf Al-Quran, serta pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

 

Kegiatan Safari Ramadhan secara rutin diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap tahunnya sejak tahun 2015. PGN, Balai Pustaka, Kimia Farma dan HIN  menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan di Agung Ballroom Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali.

 

Kegiatan Safari Ramadhan tersebut dibuka oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso Soewarto. Gigih menyampaikan bahwa Kegiatan Safari Ramadhan di Bali, PGN sebagai BUMN PIC serta Kimia Farma, Balai Pustaka dan HIN sebagai BUMN Co – PIC memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim piatu dari 10 yayasan panti asuhan di Provinsi Bali dengan total nilai santunan sebesar Rp.850.000.000,- serta beasiswa kepada 25 siswa siswi SMP yang ada di Provinsi Bali dengan total nilai beasiswa sebesar Rp125.000.000,-.

 

“Kegiatan Safari Ramadhan dalam rangka Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini menunjukan bahwa BUMN sudah melaksanakan salah satu visi dan misinya yaitu ikut memberikan sumbangan kepada masyarakat khususnya masyarakat sekitar, semoga dengan adanya kegiatan ini keberadaan BUMN makin dikenal dan makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Plt Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media I Rainoc dalam sambutannya.

 

Selain kegiatan simbolis penyerahan santunan dan bantuan tersebut, terdapat acara lomba mewarnai dan dongeng anak yang diikuti oleh anak – anak yatim piatu. Acara ditutup dengan buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan shalat tarawih.

 

Acara Safari Ramadhan di Bali dihadiri oleh Bapak Rainoc selaku Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis & Media Kementerian BUMN beserta jajaran, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Bapak I Dewa Gede Mahendra Putra, SH. MH beserta jajaran, Komisaris Utama PGN Bapak I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Direktur Utama PGN Bapak Gigih Prakoso Soewarto, Direktur SDM dan Umum PGN Ibu Desima E. Siahaan, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar, Direktur Umum dan Human Capital  PT Kimia Farma Bapak Dharma Saputra, Direktur Utama PT Balai Pustaka (Persero) Bapak Achmad Fachrodji dan Pimpinan Unit Grand Inna Bali Beach Bapak I Nyoman Gede Ardhana.