Martapura, Ibu Kota Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dikenal sebagai Kota Intan. Berjarak 39 kilometer dari Kota Banjarmasin. Inilah salah satu kota tujuan yang paling banyak diminati para pemburu perhiasan dan berlian di provinsi Kalsel dalam kegiatan monitoring dan Evaluasi Keasdepan TJSL, menemui salah satu mitra binaan dari PT Angkasa Pura I yang bernama Muhammad Solhan yang merupakan pemilik Toko Permata Antara tepatnya di pusat Pertokoan Permata Cahaya Bumi Sselamat Blok D No. 5. Muhammad Solhan, atau yang sering disapa solhan mengikuti jejak ayahnya menekuni usaha perdagangan emas.

Untuk mendukung usahanya tersebut Solhan bergabung menjadi Mitra Binaan PT Angkasa Pura I tahun 20017 sebesar 75 juta rupiah. “Dana pinjaman tersebut saya gunakan untuk tambahan modal beli bahan baku. Karena batu berlian memang yang mahal bahan mentahnya,” ujar Solhan.

Solhan mengaku omset yang didapat dalam 1 bulan sebesar 50 juta rupiah mengalami penurunan hampir 2 kali lipat sejak tahun 2013. Ada beberapa kendala yang dialami Solhan dalam menjalankan bisnisnya dikarenakan daya beli masyarakat menurun. Solhan berharap daya beli masyarakat sudah membaik serta perekonomian di daerah Banjarmasin stabil.

Jika ingin berburu perhiasan di Kota Martapura, berkunjunglah ke sentra penjualan perhiasan yang lebih dikenal dengan Pasar CBS, Pasar Cahaya Bumi Selamat atau dikenal pula dengan sebutan pasar intan Martapura.