Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) memberikan bantuan 1.000 jamban untuk masyarakat Kota Serang. Bantuan ini diberikan sebagai rasa prihatin terhadap kebiasaan masyarakat yang masih melakukan buang air asal jadi. Hampir 30 tahun masyarakat di Kecamatan Kasemen Kota Serang hidup tanpa jamban. Ketidakmampuan masyarakat untuk membuat sanitasi menjadi alasan dibalik keadaan ini.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam sambutannya berharap, dengan bantuan jamban ini masyarakat Kota Serang bisa meninggalkan kebiasaan lamanya dan beralih kepada sanitasi yang sehat.  “Tolong jaga dan pelihara apa-apa yang sudah kami berikan ini, jangan sampai dirusak dan harus dipakai dengan baik,” ungkap Iriana sebelum memberikan bantuan 1.000 jamban di Kampung Kenari, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, (Senin, 24/2/2020).

Selepas memberikan bantuan di Kecamatan Kasemen, Ibu Negara Iriana dan rombongan OASE KIM kemudian melakukan kegiatan edukasi lingkungan di Grup 1 Kopassus Serang. Kegiatan edukasi ini dihadiri sebanyak 850 ibu – ibu pengurus PKK yang ada di Kota Serang. Dalam kegiatan ini, Pegadaian diberikan kesempatan untuk melakukan edukasi tentang bahaya sampah plastik dan tata cara pengelolaan sampah yang benar. Khoiriyah Dwi Putranti selaku AVP Departemen Komunikasi & Literasi dan Inklusi PT Pegadaian (Persero) turut memperkenalkan Program Memilah Sampah Menabung Emas atau lebih dikenal dengan The Gade Clean and Gold.

“Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar sadar terhadap persoalan sampah yang saat ini sudah menjadi isu global. Masyarakat diedukasi untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya dan menjualnya melalui bank sampah binaan kami. Nilai hasil sampah inilah yang kemudian akan dikonversi menjadi tabungan emas,” terangnya.

Ibu Devi Luhut selaku Koordinator Bidang IV OASE KIM yang membidangi isu lingkungan mengapresiasi peran serta Pegadaian dalam mengedukasi masyarakat untuk sadar terhadap persoalan lingkungan melalui Program The Gade Clean and Gold.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pegadaian yang telah terlibat aktif dalam mendukung Program Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Program The Gade Clean and Gold,” ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Bank Sampah The Gade Clean and Gold binaan Pegadaian sudah tersebar di 63 titik seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat juga akan diresmikan Bank Sampah di empat lokasi wisata super prioritas yaitu di Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, dan Borobudur. Sementara untuk satu lokasi wisata super prioritas lainnya yaitu Likupang akan diberikan bantuan dalam bentuk pengadaan tong sampah.

Setelah kegiatan edukasi selesai, Ibu Negara bersama Ibu Wuri Ma’ruf Amin, Ibu Devi Luhut , Ibu Elizabeth Thohir beserta pengurus OASE KIM lainnya menyempatkan diri mengunjungi booth The Gade Clean and Gold yang berada di lokasi acara. Rombongan melihat hasil olahan bank sampah binaan Pegadaian seperti sabun dari minyak jelantah, kerajinan tangan dari sampah plastik, hingga pupuk kompos dari sampah organik rumah tangga.

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X