Balikpapan, 2 Maret 2018

 

Sucipto, seorang ayah dari dua orang anak ini menggeluti usaha produksi jajanan pasar sebagai mata pencaharian. Pria asal Nganjuk Jawa Timur ini bertempat tinggal di rumah kontrakan sederhana di Jl. Tata Praja IV RT 08 No 21 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan yang sekaligus menjadi rumah produksi dari jajanan yang ia jual, adapun jajanan yang ia jual terdiri atas 12 variasi misalnya risoles, getuk, kue pisang, dan lain-lain.

Dalam sehari pria yang juga bekerja sebagai Asistant Chef Pastry di sebuah hotel bintang 4 di Balikpapan ini dibantu oleh Istrinya memproduksi rata-rata 300 pcs jajanan dengan harga per pcs bervariasi mulai Rp1000,- untuk jajanan kue, dan Rp1250,- untuk jajanan gorengan. Adapun jajanan pasar produksi Sucipto dan istri dijual ke Hotel Sagita, Menara Bantera, dan Hotel Horison. Selain itu mitra binaan Bank BRI Kantor Cabang Balikpapan Sudirman ini juga memasok ke pasar dan toko di Balikpapan. Diakuinya kendala yang dihadapi dalam penjualan jajanan pasar adalah ketahanan dari jajanan itu sendiri, jika tidak terjual dalam sehari maka jajanan akan basi, dan untuk mensiasatinya Sucipto dan istri akan menjual senilai setengah harga apabila jajanan tidak terjual habis sampai waktu jam 11.00 WITA siang, dengan cara ini setiap hari jajanan mereka pasti habis terjual.

Saat ini Sucipto menikmati pinjaman kemitraan dari Bank BRI Kantor Cabang Balikpapan Sudirman, dengan masa jatuh tempo 3 tahun. Sucipto mempunyai harapan agar dapat membeli alat produksi getuk untuk bisa memproduksi getuk secara massal, dan merenovasi rumahnya yang sekaligus akan digunakan sebagai rumah produksi jajanan pasar.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya