Jakarta, 30 Mei 2019 – Sebagai bentuk peningkatan layanan BUMN pada stakeholder. Pada tahun 2019, Kementerian BUMN dan BUMN melaksanakan Mudik Bareng BUMN yang ke-12 kalinya di tahun ini. Mudik Bareng BUMN tahun ini mengangkat tema “Mudik Bareng Asyik Lancar” dan PT Jasa Raharja (Persero) ditunjuk menjadi Ketua Satgas Program.

 

Peserta pada Mudik Bareng BUMN pada tahun 2019 ini mencapai sebanyak 250.338 jumlah pemudik yang diberangkatkan oleh 104 BUMN dengan menggunakan beberapa moda transportasi berupa kapal laut, kereta api, pesawat udara dan bus. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 22,63% dari tahun sebelumnya, dimana jumlah peserta mudik tahun 2018 sebanyak 204.146 pemudik. Peningkatan ini menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat terhadap program Mudik Bareng setiap tahun. Pemberangkatan pemudik menggunakan moda transportasi berupa 3.897 bus, 49 rangkaian kereta api, 138 kapal laut, dan 76 pesawat udara menuju 62 kota di pulau Jawa dan 93 kota di luar pulau Jawa.

 

Flag-Off Pemberangkatan Pemudik dilepas oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta para Direksi dari 104 BUMN yang mendukung Mudik Bareng BUMN di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.(30/5)

 

Menteri Rini melepas sebanyak 26.018 pemudik yang berangkat menggunakan 526 bus, dengan tujuan beberapa kota di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Lampung. Dalam acara Flag-Off tersebut juga Kementerian BUMN mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu rekor pelayanan mudik dengan BUMN terbanyak dan rekor pelayanan mudik dengan kota tujuan terbanyak.

 

Mudik Bareng BUMN diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk mempermudah akses transportasi saat mudik Lebaran 1440 H. Selain itu, diharapkan pemudik motor dapat berkurang, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.