Balikpapan, 1 Maret 2018

Tak ada akar, Rotan pun jadi.

Dijamu dengan bandara modern dan syahdunya rintik hujan, Balikpapan, kota dengan mascot beruang madu ini merupakan salah satu kota di bagian provinsi Kalimantan timur. Dibalik nama julukannya kota minyak, Balikpapan juga penuh dengan ragam kesenian dan hasil kerajinan tangan. Kendati demikian, terdapat kerajinan yang saat ini telah mulai hilang di Balikpapan, yaitu kerajinan anyaman rotan.

Salah satu pengrajin yang tetap mendukung terciptanya ekosistem pengrajin rotan, adalah Bapak Banten. melalui usahanya, Samudra Rotan, bapak dengan tiga anak ini terus mengembangkan jasa anyaman rotan bagi pemerhati furniture di Balikpapan. Samudra rotan telah menjadi mitra binaan PT Pupuk Indonesia selama 3 kali masa pinjaman. berdasarkan data dari Pupuk Indonesia, Samudra rotan merupakan mitra binaan yang memiliki pengembalian lancar.

Hasil karya Samudra rotan sangatlah beragam, dari tempat duduk dan meja, hingga pernak Pernik kecil dan patung gajah. “Asalkan ada desainnya, kita pasti bisa buat”, sapa beliau saat bertemu pada kunjungan monitoring dan evaluasi keasdepan TJSL tanggal 1 Maret 2018. Rotan sendiri memiliki berbagai keunggulan, disamping bentuknya yang khas, kuat dan tahan lama, serta bobotnya yang ringat dapat dipindah-pindah untuk membuat suasana rumah berubah0ubah sesuai keinginan sang pemilik. “Rotan itu bisa dibentuk macam-macam, dan awet tahan lama”, tambahnya.

Banten menjelaskan bahwa saat ini Samudra Rotan masih menggunakan bahan gabungan hasil rotan mentah dari samarinda dan rotan anyam dari Surabaya. Rotan anyam sendiri merupakan rotan hasil pecahan rotan mentah yang berdiameter kecil dan sudah siap untuk di anyam ataupun dipilin. Rotan anyam sendiri sebenarnya dapat diproduksi sendiri apabila memiliki mesin-mesin khusus dan daya listrik yang cukup besar. Saat ini mesin-mesin khusus tersebut hanya terdapat di Pemda Samarinda dan hanya digunakan untuk kegiatan pelatihan. Banten menyampaikan bahwa pemerintah perlu turun tangan dalam menjangkau kemampuan ukm ukm rotan di Samarinda dan Balikpapan yang sudah mulai sulit kita temui.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya