CIANJUR, JAWA BARAT – Sampah biasanya identik dengan hal yang tidak indah, kotor  dan tidak berguna, namun di Desa Cipendawa Kebupaten Cianjur ada seorang tulang punggung keluarga yang menghidupi keluarganya dari sampah. Orang tersebut bernama Amrul Syahri yang merupakan Mitra Binaan PKBL PT Kimia Farma (Persero), Tbk sejak tahun 2016 kemarin. Kegiatan usaha yang dilakukannya adalah mengumpulkan dan memilah sampah yang masih mempunyai nilai jual seperti kertas, plastik, accu, dan logam untuk dijual kembali dan dimanfaatkan kembali.

Dengan bantuan modal usaha senilai Rp 15 juta kepada usaha milik Amrul, Adil Jaya Rongsok, Kimia Farma telah membantunya dalam meningkatkan omset menjadi Rp 100 juta per bulan. Dari beberapa jenis barang yang dijual, barang-barang logam memiliki nilai jual yang tinggi, “mulai dari kertas, plastik sampai logam saya cari dan saya jual, tapi yang paling bagus harganya sekarang adalah tembaga TS yang bisa mencapai Rp 70 ribu / kg” jelas Amrul.

Amrul pernah merasakan kehidupan sebagai karyawan di Ibukota namun ada beberapa masalah yang membelitnya mengharuskan ia pindah ke Cianjur untuk memulai kehidupan baru.  Usaha yang dijalani sejak tahun 2011 ini awalnya tidak berjalan dengan mulus, orang di sekitarnya memandang sebelah mata bahkan beberapa orang menghina pekerjaanya. Amrul menjelaskan “Awalnya banyak yang menghina namun saya tetap yakin bahwa pekerjaan yang saya lakukan ini bermanfaat dan bisa menghidupi keluarga. Minimal saya merasa telah membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah yang merusak lingkungan”.

Saat ini usaha yang dikelolanya mampu memperkerjakan 3 orang pegawai dan telah memiliki 2 kendaraan operasional untuk mengirimkan barang kepada pelanggan-pelanggannya di Bogor. Dari hasil usahanya tersebut Amrul telah berhasil membiayai 2 orang putrinya untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Ke depannya Amrul berharap mampu mengembangkan usahanya dengan memperluas area penampungan dan fokus pada barang-barang logam sehingga ia bisa meningkatkan pendapatan usahanya agar kehidupan ekonomi keluarganya menjadi lebih sejahtera.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya