Kamis, 19 September 2019 - Keasdepan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sekitar pukul 09.00 WITA pesawat mendarat di Bandara Internasional Praya, menuju pintu keluar kami disambut keindahan kain-kain yang terpajang rapi di toko dalam salah satu tenan di bandara, lengkap dengan penenun yang sedang menggarap kainnya dalam tenan tersebut juga terdapat pernak-pernik lain yang terpajang seperti mutiara, tas, dan kerajianan khas Lombok yang merupakan hasil karya dari beberapa Mitra Binaan PT Angkasa Pura I (Persero).

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Rumah Kreatif BUMN (RKB) Lombok Barat milik PT PLN (Persero). Rumah Kreatif BUMN ini menjadi wadah dalam pemberdayaan UKM sekitar dalam mengembangkan usahanya. Berbagai program pelatihan yang dijalankan oleh RKB Lombok Barat antara lain Product Design and Development, Marketing, dan Finance. Uniknya, RKB Lombok Barat ini dikelola PT PLN (Persero) dengan melibatkan mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam Youth Brainstroming Program untuk menjalankan fungsi RKB dengan berbagai ide kreatifnya.

 

Monitoring Mitra Binaan PT PLN

Bapak Humaidi (Ria Artshop) Mebel Kerajinan Kayu Cukli

Sejak tahun 2002, Bapak Humaidi menjadi Mitra Binaan PT PLN dengan usaha yang dijalankannya yaitu memproduksi kerajinan kayu Cukli. Adapun Cukli merupakan seni ukir dari Pulau Lombok, kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar kulit kerang dan kayu. Kerajinan kayu Cukli yang dibuat sangat beragam mulai dari meja kursi untuk ruang tamu, lemari, kaca rias dan masih banyak lagi lainnya yang juga bisa dipesan sesuai dengan keinginan pelanggan (custom). Mebel Cukli Bapak Humaidi ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, bahkan lewat kerajinan kayu ini beliau pernah mengikuti pameran hingga ke Malaysia.  Saat ini, beliau memiliki 7 (tujuh) karyawan yang membantunya dalam mengerjakan pesanan dari pelanggan.

Bapak Ridwan (Sulthan Bamboo & Wood Center)

Bapak Ridwan adalah seorang pengrajin bambu di Kabupaten Lombok Barat. Ia merupakan Mitra Binaan baru yaitu sekitar 3 bulan yang lalu mendapatkan modal pinjaman Program Kemitraan dari PT PLN (Persero). Usahanya adalah membuat kerajinan dari segala jenis kayu dan bamboo. Beberapa hasil kerajinan yang beliau buat diantaranya Bungalow, Villa, Berugak, dan masih banyak lagi. Apabila ada permintaan, Bapak Ridwan dapat mengirimkan produknya ke luar daerah, selain itu beliau juga menggarap pengerjaan kontrusksi beberapa villa di Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Gili Nanggu, dan Gili Layar. Kerajinan yang beliau buat juga dipasarkan di luar daerah seperti Nusa Lambongan, Bali, bahkan pegiriman kerajinan sampe luar negeri, contohnya Malaysia. Bapak Ridwan juga ikut bergabung dalam Rumah Kreatif BUMN Lombok Barat PT PLN (Persero).

 

Monitoring Mitra Binaan PT Angkasa Pura I

Indah Mutiara Lombok

Indah Purwanti membuka usaha dengan menjual berbagai perhiasan dari mutiara, ia merupakan Mitra Binaan PT Angkasa Pura I sejak tahun 2018 dengan nilai pinjaman senilai Rp50.000.000,-. Saat ini omzetnya mencapai Rp75.000.000,- per bulan. Perhiasaan dari mutiara yang ia jual sangat bervariasi mulai dari cincin, gelang, kalung dan masih banyak lagi jenis lainnya dengan desain yang cantik dan elegan. Tokonya berada di Jl. Kesra Raya No. 95a Btn Kekalik Mataram Kel. Mataram Timur Kota Mataram. Saat ini dalam menjalankan usahanya Indah dibantu oleh 6 orang karyawan.

Intan Artshop

Bapak M. Nizom Helmi merupakan salah satu Mitra Binaan PT Angkasa Pura I yang memiliki usaha kain tenun, beliau sudah 9 tahun menjadi Mitra Binaan PT Angkasa Pura I dengan pinjaman awal senilai Rp.30.000.000,-. Berbagai macam motif kain khas Lombok dijualnya selain kain tenun juga terdapat tas rotan, baju adat dan kerajinan lainnya khas Lombok. Dalam menjalankan usahanya ia dibantu oleh 4 orang karyawan. Pak Nizom menjual daganganya tersebut di tokonya yang berada di Jalan Tenun Sukarara Desa Sukarara Kec. Jonggat Lombok Tengah. Pada bagian depan toko, kita dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya