Pada hari Rabu, 27 Maret 2019 Keasdepan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN mendapat kesempatan untuk mengunjungi salah satu Mitra Binaan BUMN di wilayah Jakarta, yaitu Dapoer Tanda adalah Mitra Binaan (MB) PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

Dapoer Tanda merupakan nama usaha yang digunakan oleh Ibu Putu yang memulai usahanya pada tahun 2013 dengan memproduksi Pencok Kentang (Kering Kentang) dan mulai menjadi MB PT Hotel Indonesia Natour (Persero) pada awal tahun 2018. Perkembangan varian produk dan hasil usaha Dapoer Tanda meningkat signifikan setelah menjadi MB PT Hotel Indonesia Natour (Persero), diantaranya Pencok Kentang rasa cabe hijau sampai katering dengan menu yang bervariasi. Omset Dapoer Tanda menjadi sebesar Rp20 juta per bulan dan telah mempunyai reseller tetap sebanyak 5 (lima) yang tersebar di beberapa pasar di sekitar wilayah Jakarta. Jumlah karyawan tetap Dapoer Tanda saat ini berjumlah dua orang.

Pembinaan yang dilakukan oleh PT Hotel Indonesia Natour (Persero) adalah memberi pelatihan dan pinjaman sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada tahun 2018 sebesar Rp50 juta dan pada tahun 2019 sebesar Rp100 juta. Untuk mendapatkan pinjaman kedua tersebut, Dapoer Tanda telah melunasi pinjaman pertama dan digunakan untuk mengembangkan varian produk dan membeli peralatan, seperti pengupas kentang dan spinner, serta persediaan, seperti toples dan kardus. Dapoer Tanda telah mampu memproduksi Pencok Kentang 50 kg dan nasi box sebanyak 500 box per hari. Namun demikian, Dapoer Tanda menjamin kualitas dari setiap produk yang dipasarkan untuk menjaga kepuasan konsumennya.

Dalam rangka mempromosikan produknya, Dapoer Tanda saat ini sudah memiliki website dan menjajakan produk pada online market place dengan harapan Dapoer Tanda dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi dari sebelumnya. Untuk mengenal lebih dekat dengan Dapoer Tanda silahkan membuka www.dapoertanda.com dan menghubungi Ibu Putu No HP. 082123075509.