BUMN Hadir di Tuban sebagai Bentuk Sumbangsih BUMN untuk Masyarakat Jawa Timur

Tuban, 17 - 18 Agustus 2019 – BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015 ditujukan agar dapat menghadirkan aksi nyata BUMN untuk turut serta membangun kesejahteraan dan pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pelaksanaan kegiatan BHUN yang difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia juga diharapkan dapat menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara serta sebagai wujud nyata peran BUMN di masyarakat.

Salah satu rangkaian kegiatan BHUN Tahun 2019 adalah Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang terdiri dari Upacara Peringatan HUT RI, Jalan Sehat, dan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat. Di Provinsi Jawa Timur, PT Pertamina (Persero), PT PAL, PT Industri Kereta Api (Persero), PT Waskita Karya (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara XI bertugas menjadi PIC dan Co. PIC dalam pelaksanaan BHUN.

Upacara Peringatan HUT RI diselenggarakan di Terminal BBM, Desa Remen, Kecamatan Tuban, Jawa Timur yang dihadiri oleh pegawai Pertamina, pegawai BUMN setempat, dan siswa SMA Negeri sekitar. Upacara dimulai pada pukul 6.45 WIB dengan menyanyikan lagu nasional. Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra selaku pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa upacara peringatan HUT RI merupakan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan seraya berdoa untuk jasa – jasa para pahlawan kemerdekaan. Basuki juga menyampaikan mengenai update proyek Pertamina saat ini yang sedang membangun 55 infrastruktur mencakup Terminal BBM, sarana tambak, dan sarana penunjang lainnya. Sebagai penutup, Ia menyampaikan, “Pertamina akan menjaga availability, accessibility, dan affordability dalam menunjang energi nasional dan terus mengutamakan pelayanan yang baik bagi masyarakat.”

Pelaksanaan upacara bendera ditutup dengan seremoni penyerahan bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar dengan total bantuan BUMN sebesar Rp1,3 Miliar kepada penerima manfaat. Bantuan BUMN tersebut berupa Mebel dan Perpustakaan Untuk Sekolah senilai Rp360 Juta, Bantuan Elektrifikasi di 50 titik senilai Rp40 Juta, Bantuan Beasiswa untuk 25 siswa senilai Rp49,5 Juta, Program CSR Pupuk Organik Limbah Jagung senilai Rp100 Juta, Program CSR Hortikultura dan Produk Turunannya senilai Rp100 Juta, Bantuan MCK 20 pintu di Probolinggo senilai Rp170 Juta, MCK 15 pintu di Malang senilai Rp150 Juta, MCK 2 pintu di Surabaya senilai Rp16 Juta, Bantuan Air Bersih senilai Rp100 Juta, dan Bedah Rumah 5 titik di Malang senilai Rp250 Juta.

Kegiatan perayaan HUT RI di Tuban kali ini dilanjutkan dengan kegiatan coastal clean up di Mangrove Center. Pada kegiatan ini diberikan bantuan berupa 5000 Bibit Mangrove dan Cemara Laut senilai Rp100 Juta, Bantuan Untuk Posyandu Kec. Jenu senilai Rp75 Juta, dan Bantuan 100 Paket Peralatan Kebersihan senilai Rp8 Juta.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta menyukseskan kegiatan BHUN. “Kegiatan BHUN diharapkan dapat meningkatkan peran nyata dari BUMN agar kehadirannya dapat dirasakan oleh masyarakat. Program Bedah Rumah Veteran yang dilaksanakan juga merupakan ungkapan terima kasih pada para veteran yang telah berjuang meraih kemerdekaan,” terangnya.

Berlanjut pada 18 Agustus 2019, pelaksanaan perayaan HUT RI dilanjutkan dengan Jalan Sehat di wilayah GOR Rangga Jaya Anoraga, Tuban. Bupati Tuban Fathul Huda dan Basuki Trikora Putra melepas 2500 peserta jalan sehat dengan diiringi oleh musik tongklek. Berbagai macam perlombaan, bazaar kuliner, penjualan sembako murah, penyuluhan kesehatan, serta bazar produk Mitra Binaan BUMN turut disajikan pada para peserta jalan sehat.

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X