Korban bencana tsunami Selat Sunda, di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, antusias menerima bantuan yang diberikan oleh Perusahaan yang dimiliki oleh Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada BUMN khususnya untuk LKBN ANTARA yang telah peduli dengan warga korban tsunami khususnya di Desa Way Muli Timur," kata salah satu perwakilan warga Samaan, saat menerima bantuan itu, Jumat (4/1).
 
Menurut Samaun, bantuan tersebut akan diberikan olehnya secara langsung kepada warga terdampak tsunami yang sangat membutuhkan. Pihaknya juga telah mencatat siapa saja warga yang berhak menerima bantuan tersebut.
 
"Sudah kami catat, dan kami janji akan kami berikan sesuai dengan amanat. Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan ini," kata dia pula.
 
Sebelummya, Perum LKBN ANTARA Biro Lampung bersama Koordinator BUMN PTPN 7 mengunjungi lokasi terdampak tsunami di Desa Way Muli Timur untuk memberikan bantuan kepada korban tsunami mengungsi di sini.
 
Bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Biro (Kabiro) LKBN ANTARA Lampung Hisar Sitanggang dan Koordinator BUMN Peduli Bencana Tsunami Selat Sunda di Lampung Daniel kepada perwakilan warga di pengungsian Desa Way Muli Timur.
 
BUMN telah memberikan bantuan berupa barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi dari hari pertama pasca-tsunami Selat Sunda.
 
Menurut Koordinator Posko BUMN Peduli Tsunami di Lampung diwakili oleh PTPN 7 Daniel bahwa sejumlah BUMN telah memberikan bantuan sejak awal kepada korban terdampak tsunami.
 
Sejauh ini BUMN telah menyalurkan bantuan-bantuan tersebut tepat kepada sasaran sesuai data yang telah dikumpulkan oleh tim di sini.
 
"Memberikan bantuan kepada para korban termasuk dalam moto kami yaitu BUMN Hadir Untuk Negeri," katanya lagi.
 
Ia menjelaskan bahwa prioritas utama menyalurkan bantuan itu kepada korban yang benar-benar terdampak parah akibat tsunami, seperti rumah hancur, korban yang meninggal dunia, dan terdampak serius lainnya, kemudian baru kepada warga sekitar yang mengungsi karena faktor ketakutan saja.
 
"Bantuan itu harus tepat sasaran, jangan salah-salah, walaupun tetap dibantu tapi yang diutamakan mereka yang terdampak parah," katanya pula.
 
Daniel manambahkan sampai saat ini sudah ada 39 BUMN yang telah bergabung dan memberikan bantuannya lewat posko dengan koordinator PTPN 7 dan PT Bukit Asam (BA), dan dengan bergabung Perum LKBN ANTARA menjadi 40 BUMN yang tergabung di posko BUMN ini.
 
LKBN ANTARA memberikan bantuan langsung ke posko pengungsian di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan bersama Koordinator Posko BUMN Peduli Bencana Tsunami Selat Sunda.
 
Kepala LKBN ANTARA Biro Lampung Hisar Sitanggang, mengatakan semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang terkena bencana tsunami khususnya bagi anak-anak.
 
Pewarta : Dian Hadiyatna 
(PENI-SEKRETARIAT PERUSAHAAN)

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X