Perum LKBN Antara melalui Kantor Biro Provinsi Maluku menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban gempa di Desa Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah pada Sabtu (5/10). Kegiatan ini disertai sosialisasi pakar gempa dari P2LD-LIPI Ambon tentang gempa dan himbauan untuk kembali ke rumah.

Bantuan yang diberikan Perum LKBN Antara berupa terpal, makanan siap saji, beras, kacang hijau, susu, teh, biskuit, gula, telur dan minyak goreng. Jenis bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak atau yang paling dibutuhkan masyarakat di desa tersebut.

Penyerahan bantuan dilakukan Kepala Biro Antara Maluku, John Nikita Sahusilawane, kepada perwakilan masyarakat Negeri Morela. John Sahusilawane mengatakan bantuan yang diberikan merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri terhadap bencana gempa yang terjadi di Provinsi Maluku.

"Perum LKBN Antara merupakan bagian dari BUMN sehingga bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian kepada korban bencana," katanya.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan dapat membantu para korban bencana alam yang saat ini masih mengungsi di dataran yang lebih tinggi.

"Bantuan yang kami berikan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dan dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Negeri Morela, Abdul Syukur Latukao, menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan Perum LKBN Antara.

Bencana yang terjadi, kata dia, merupakan cobaan dari Allah, karena itu patut disyukuri jika saat ini ada lembaga yang peduli dengan masyarakat Morela.

"Masyarakat Morela berterima kasih atas bantuan yang diberikan, jangan dilihat dari jumlahnya tetapi mensyukuri bantuan yang akan dibagikan kepada masyarakat yang mengalami bencana, terutama yang rumahnya rusak berat, sedang, dan rusak ringan," katanya.

Total rumah rusak di Negeri Morela sebanyak 120 unit rumah yang terbagi rumah rusak berat 17 unit, rusak sedang 37 unit, dan rusak ringan 66 unit rumah.

Sampai saat ini 400 orang masih mengungsi di lima titik di negeri itu, karena rumah rusak dan trauma akibat bencana.

Selain menyerahkan bantuan tanggap bencana, Kantor Berita Antara Biro Maluku juga bekerja sama dengan Pusat Penelitian Laut Dalam (PPLD) LIPI Ambon untuk memberikan sosialisasi bencana gempa bumi kepada masyarakat Negeri Morela.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor: Eru Sasanti R. Peni/Sekretariat Perusahaan

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya