Pada perhelatan Katumbiri Expo 2017 yang berlangsung 6-10 Desember 2017 di Hall A dan Lobby Jakarta Convention Center, beberapa Mitra Binaan PT Pertamina (Persero) berkesempatan memamerkan produknya di pameran tersebut. Salah satunya Usaho Kito asal Jambi yang menjual aneka produk olahan ikan.

Bisnis milik pasangan suami istri Syahriadi dan Rodiana ini dirintis mulai tahun 2014. Awalnya orangtua mereka sudah terlebih dahulu menjalankan usaha pembibitan ikan. Kemudian keduanya melihat ada potensi yang bisa dimanfaatkan dari situ, sehingga memutuskan memanfaatkan bahan baku ikan sebagai produknya. “Kami pinjam modal sekitar 50 juta ke Pertamina tahun 2014 lalu. Alhamdulillah modal tersebut dapat menjadi langkah awal kami memulai bisnis,” jelas Syahriadi.

Syahriadi menyebutkan abon dan sale ikan menjadi produk yang diunggulkan Usaho Kito. “Untuk sale ikan kita pakai ikan lele yang diasap selama 24 jam. Kalau untuk ikan patin, kita kukus dulu, goreng dengan mesin lalu terakhir di spinner,” tambahnya.

Omzet bulanan sale ikan mencapai 50kg dan abon sebanyak 30kg. Menurut Syahriadi kendala yang dialami mereka terletak pada pemasaran yang kurang optimal. “Kan banyak produk-produk sejenis produk kami di pasaran. Sementara kami terbatas juga pemasarannya ke masyarakat,”tukas Rodiana. Karena kendala ini, Syahriadi dan istrinya belum mau membuat stok produk terlalu banyak. Mereka ingin kualitas produk terjaga tetap segar.

Bagi Syahriadi dan Rodiana, bisnis makanan bukan sekedar bicara rasa yang enak. Packaging yang menarik juga menjadi nilai jual. Oleh karena itu mereka mendesain kemasan produknya sedemikian rupa supaya menarik perhatian. “Saran saya untuk BUMN supaya memberikan pelatihan pemasaran dan cara packing ke mitra binaannya. Supaya kami UKM-UKM nggak ngasal bikin kemasan produk.”

 


Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya