Tawangsari merupakan salah satu desa binaan PT Pegadaian (Persero) yang terletak di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah. Diresmikan oleh Direksi PT Pegadaian (Persero) sebagai desa binaan pada bulan April 2017 dengan lahan seluas 45 hektar milik Desa Tawangsari yang sudah ditanami padi oleh beberapa kelompok tani yang sudah terbentuk sejak tahun 2015.   

Pembinaan Desa Tawangsari oleh PT Pegadaian (Persero) ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui kelompok tani dengan pengembangan potensi pertanian yang akan difokuskan pada peningkatan harga jual dan kualitas produk hasil pertanian. Dimana dalam pelaksanaannya akan melibatkan Dinas Pertanian setempat untuk melakukan riset pertanian. Diharapkan semua bantuan tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

PT Pegadaian (Persero) telah memberikan bantuan berupa alat pengering padi yang berkapasitas 8 ton berikut bangunan tempat pengeringannya dengan total nilai sebesar Rp150 juta. Diharapkan dengan adanya bantuan alat pengering padi ini dapat membantu mempercepat proses dan meningkatkan kapasitas panen padi dari semula sekitar sembilan ton per bulan menjadi 20 hektar per bulan sehingga dapat menambah tingkat penghasilan para petani. Selanjutnya PT Pegadaian (Persero) berencana akan memberi bantuan berupa alat penggilingan padi, menambah kapasitas alat pengering padi dan memanfaatkan gudang untuk penyimpanan gabah.

Di samping itu, Desa Tawangsari juga memiliki lima belas sapi peranakan yang dipelihara Bersama – sama oleh kelompok Tani setempat. Kotoran dari sapi ini dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Pupuk yang dihasilkan dari lima belas sapi peranakan ini rata – rata senilai dua ton per bulan.

Selain menghasilkan padi dan pupuk organik, desa Tawangsari juga memproduksi jamu, dengan brand “Omah Jamu Godhog” yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Jamu ini memiliki berbagai jenis khasiat, antara lain untuk pegel linu, asam urat, kolestrol, jantung, kanker, prostat, dll. Setiap bulannya, Omah Jamu Godhog memproduksi 200 sampai dengan 300 botol dan omsetnya mencapai 60 juta rupiah per bulan. Jamu ini sudah didistribusikan di berbagai daerah di luar DIY. Ke depannya, Omah Jamu Godhog akan terus berusaha memperluas akses pasarnya, sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya