Semarang, 15 November 2019 – Perkembangan UMKM di Indonesia saat ini berkembang cukup pesat. UMKM tersebut banyak berasal dari kalangan ibu-ibu rumah tangga yang ingin berusaha agar dapat membantu perekonomian keluarganya. Kemauan dan niat mulia ibu-ibu rumah tangga tersebut banyak terkendala masalah permodalan sehingga untuk memiliki usaha hanya tinggal mimpi. Namun dengan adanya program Mekaar dri PT PNM (Persero) harapan ibu-ibu rumah tangga tersebut data diwujudkan. Program Mekaar merupakan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha.

Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan jumlah nasabah Mekaar dan juga Kewajiban BUMN untuk menyalurkan Program Kemitraan, maka Kementerian BUMN menginisiasi program BUMN Khusus. Dalam Program ini, PT PNM (Persero) menjadi BUMN Khusus yang menyaurkan dana Program Kemitraan yang dihibahkan oleh BUMN donatur. Salah satunya adalah PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang menghibahkan dana Program Kemitraannya sebesar Rp25 miliar kepada PT PNM (Persero) yang tertuang dalam Akta Hibah No. 10, tanggal 8 Agustus 2019 berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) akta hibah No. 050/PKS/PNM/V/19 tanggal 23 Mei 2019.

Kunjungan pertama dilakukan oleh Kementerian BUMN yang diwakili oleh Bapak Eko Setiawan selaku Kabid Kebijakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ke Kantor Cabang (KC) PNM Mekaar Semarang Utara. KC tersebut mengelola sebanyak 2.815 nasabah dengan jumlah Account Officer (AO) sebanyak 13 orang yang semuanya adalah wanita.

Salah satu nasabah Mekaar KC Semarang Utara yang naik kelas adalah Ibu Alfiyatun yang tergabung dalam PKM Gisikrejo I. Beliau bergabung menjadi nasabah Mekaar sejak tahun 2017 dengan pembiayaan awal sebesar Rp2.000.000,- untuk usaha toko kelontong kecil-kecilan di rumahnya. Sampai dengan saat ini usaha Ibu Alfiyatun sudah cukup berkembang, dengan pembiayaan yang meningkat menjadi Rp7.000.000,- Selain itu Ibu Alfiyatun juga sudah bisa pindah lokasi toko ke tempat yang lebih luas dan juga menjual sayuran mentah.

Untuk memonitoring dana hibah ke PT PNM (Persero) dilakukanlah kunjungan ke KC PNM Mekaar Ungaran oleh Bapak Sindhu Aryanto selaku SGM CDC PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk beserta jajarannya. KC PNM Mekaar Ungaran mengelola sebanyak 1.494 nasabah dengan jumlah Account Officer (AO) sebanyak 10 orang yang semuanya juga wanita. Setelah itu, monitoring dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu PKM yang berlokasi di Sendeng, Ungaran. Disana sedang dilaksanakan pertemuan mingguan yang dihadiri oleh ibu-ibu nasabah Mekaar dengan agenda pemberian dana dan pembacaan ikrar/janji nasabah Mekaar.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya