Batik Tulis Khas Desa Trusmi Cirebon

Mendengar kata ‘Trusmi’ apa yang pertamakali terlintas dalam benak kita? Tidak salah bila kata tersebut diidentikkan dengan batik, karena desa Trusmi di Kabupaten Cirebon memang terkenal sebagai produsen batik. Para pengusaha batik ini umumnya menjalankan usahanya secara turun-temurun. Salah satunya  Siti Anisa Kamaputri yang mengikuti jejak ayahnya menekuni  usaha batik.

Untuk mendukung usahanya tersebut Anisa bergabung menjadi Mitra Binaan PT BRI (Persero) Tbk sejak tahun 2013 dengan pinjaman awal 20 juta rupiah. “Dana pinjaman tersebut saya gunakan untuk tambahan modal beli bahan baku. Karena batik tulis memang yang mahal bahan bakunya,” ujar Anisa. Untuk mempermudah pembayaran, BRI juga memberikan pinjaman mesin EDC.

Anisa melanjutkan bahwa sebelumnya dalam 1 minggu dirinya hanya mampu memproduksi 1-2 lembar kain saja. “Alhamdulillah setelah saya jadi Mitra Binaan BRI sekarang bisa bikin 10-20 kain per minggu,” tambahnya. Saat ini Anisa memiliki 15 orang pekerja yang membantunya setiap hari. Sebagian pekerjaan dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Harga batik dengan merek Kama Jaya ini dipatok tidak terlalu mahal. Batik cap dibandrol mulai 75 ribu rupiah, sedangkan batik tulis paling mahal berkisar 1-2 juta rupiah tergantung tingkat kerumitan desain dan jenis kain yang digunakan. Pelanggan juga bisa membawa kain sendiri untuk kemudian dikerjakan Anisa dan timnya menjadi batik nan cantik.

Ada beberapa kendala yang dialami Anisa dalam menjalankan bisnisnya. Yaitu desain yang sering ditiru oleh pengrajin batik lainnya karena tidak ada hak paten. Selain itu pembayaran dari showroom tempat melakukan konsinyasi yang sering tidak tepat waktu.  Anisa berharap hal-hal tersebut bisa teratasi kedepannya.

Tertarik membeli batik Kama Jaya? Datang saja langsung ke Desa Trusmi Wetan Blok Jero RT 05/09 Plered Kabupaten Cirebon untuk belanja sekaligus wisata di kampung batik.

 

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya