Jambi, 18 Agustus 2019 – Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) merupakan aksi nyata BUMN agar turut serta membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pelaksanaan kegiatan BHUN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai Agen Pembangunan untuk turut serta membangun kapasitas nasional.

 

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan BHUN di bulan Agustus 2019, Kementerian BUMN dan BUMN melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI di 34 provinsi di Indonesia. Rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-74 RI terdiri dari kegiatan Upacara Peringatan HUT RI, Jalan Sehat, serta Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat.

 

Program SMN rutin diselenggarakan oleh Kementerian BUMN setiap tahunnya sejak tahun 2015. Pada tahun 2019, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara VI dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyelenggarakan SMN dengan mengirimkan siswa asal Provinsi Jambi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur serta menerima siswa dari Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk melaksanakan berbagai kegiatan di Provinsi Jambi.

 

Penyambutan Peserta SMN asal Provinsi Nusa Tenggara Timur bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Jambi yang mewakili Gubernur Jambi, Direksi BUMN PIC dan Co – PIC serta Asisten Deputi Bidang Usaha Industri Agro Farmasi 2. (16/8)

 

Asisten Deputi Bidang Usaha Industri Agro Farmasi 2 Agus Suharyono menyampaikan, "Melalui pogram SMN terbuka kesempatan bagi siswa dan siswi dari berbagai daerah untuk menambah wawasan, bertukar pikiran dan gagasan sekaligus dapat memberikan sumbangsih dan masukan bagi BUMN dalam perannya sebagai agen pembangunan."

 

“Rangkaian Acara Program Siswa Mengenal Nusantara dan Perayaan HUT Kemerdekaan RI merupakan rangkaian yang sudah rutin dilaksanakan kelima kalinya, dimana Menteri BUMN mencanangkan bahwa setiap menjelang hari kemerdekaan RI, BUMN mengajak para siswa untuk saling mengetahui dan saling mengenal sehingga mereka mengetahui luasnya dan beragamnya Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Jobi Triananda Hasjim.

 

Upacara Peringatan HUT Ke-74 RI dilaksanakan di Halaman Kantor Angkasa Pura II Cabang Jambi. Bertindak sebagai inspektur upacara, Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Petugas upacara merupakan siswa dan siswi Paskibraka dari SMAN 10 Jambi, sedangkan peserta upacara terdiri dari siswa-siswi SMAN 10 Jambi, karyawan-karyawati BUMN cabang Jambi, serta pegawai instansi dan Lembaga di sekitar lokasi upacara. (17/8)

 

Rangkaian acara berlanjut dengan Jalan Sehat yang bertempat di Pendopo Lapangan Kantor Gubernur Jambi. Acara jalan sehat diawali dengan senam pagi bersama yang dihadiri oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar yang kemudian melepas peserta jalan sehat. Untuk memeriahkan acara, berbagai stand-stand UMKM binaan BUMN dan hiburan tersedia untuk peserta jalan sehat. (18/8)

PT Iglas PT InalumPT Indah KaryaPT Indofarma TbkPT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Indra KaryaPT Industri Kapal Indonesia PT Industri Nuklir IndonesiaPT Industri Sandang NusantaraPT Inhutani I
PT Inhutani IIPT Inhutani IVPT INKA PT INTI PT Istaka Karya
PT Jasa Marga TbkPT Kawasan Berikat NusantaraPT Kawasan Industri Makassar PT Kawasan Industri Medan PT Kawasan Industri Wijayakusuma
PT Kereta Api IndonesiaPT Kertas Kraft AcehPT Kertas Leces PT Kimia Farma TbkPT Kliring Berjangka Indonesia
PT Krakatau Steel TbkPT Len Industri PT Merpati Nusantara AirlinesPT Nindya Karya PT PAL Indonesia
PT PANN Multi FinancePT PDI Pulau BatamPT PegadaianPT Pelabuhan Indonesia IPT Pelabuhan Indonesia II
PT Pelabuhan Indonesia IIIPT Pelabuhan Indonesia IV PT Pelayaran Nasional IndonesiaPT Pembangunan Perumahan TbkPT Perikanan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara I PT Perkebunan Nusantara IIPT Perkebunan Nusantara III PT Perkebunan Nusantara IV PT Perkebunan Nusantara IX
PT Perkebunan Nusantara VPT Perkebunan Nusantara VIPT Perkebunan Nusantara VII PT Perkebunan Nusantara VIIIPT Perkebunan Nusantara X