Balikpapan, 2 Maret 2018

Bukit Damai Sentosa Snack atau yang biasa disingkat “BDS Snack”, merupakan merk dari snack khas daerah Balikpapan yang berbahan baku dari hasil laut Balikpapan, seperti ikan, cumi-cumi, dan hasil laut lainnya. BDS Snack yang dikomandani oleh Sri Astuti telah memulai usaha sejak tahun 2001. Sri Astuti menceritakan pada awal berdiri usahanya hanya berjualan kue, namun berkembang menjadi hasil laut yang diolah menjadi kerupuk dan amplang.

Sri Astuti menjadi mitra binaan Angkasa Pura 1 sejak tahun 2013, diberikan bantuan pinjaman kemitraan yang digunakan untuk membeli mobil pickup untuk mempermudah distribusi, dan pada tahun 2016 membeli alat kemasan sebanyak 2 mesin seharga Rp16juta,- per mesin. Dengan bantuan dari Angkasa Pura 1 tentunya BDS Snack memiliki peningkatan produksi dan penjualan, mengingat banyaknya permintaan dari pelanggan atas produk BDS Snack.

BDS Snack telah mendapatkan sertifikasi SNI, ISO, GMP, Halal, dan SKP dibantu oleh dinas perindustrian Balikpapan, serta  mendapatkan penghargaan adhikarya pangan nusantara. Selain itu BDS Snack telah mendapatkan pembinaan berupa pameran di Balikpapan, Samarinda, dan Studi banding ke UKM (Usaha Kecil Menengah).

Diakui Sri Astuti kendala yang dihadapi oleh BDS Snack adalah banyaknya karyawan yang sudah tua dikarenakan tidak ada anak muda di daerahnya yang mau bekerja di BDS Snack. Selain itu, alat produksi juga perlu ditambah untuk meningkatkan kapasitas produksi. Produk dari BDS Snack dijual ke seluruh indonesia lewat Supermarket, toko oleh-oleh di Balikpapan, dan tenant di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya