Keuletan merupakan salah satu syarat mutlak dalam memulai dan mengelola sebuah bisnis. Seperti yang ditunjukkan pasangan suami istri Radityo dan Indriani ini. Pemilik UKM di sektor kerajinan ini mengisahkan awal mula mereka merintis Jammak Craft.
         Memulai usaha 2007 Jammak Craft awalnya justru memproduksi kerajinan berbahan dasar kardus untuk diekspor ke luar negeri. “Jadi kan lemari-lemari  punya tokonya Pak Jokowi sering diekspor. Nah kami menitipkan produk kami bersama dengan pengiriman lemari-lemari itu,” papar Indriani. Sudah mempunyai pelanggan tetap di luar negeri tentu saja membuat Indriani dan suaminya tidak perlu repot-repot mencari pelanggan lain. Sayangnya si pelanggan tersebut kondisi ekonominya kolaps sehingga terpaksa menghentikan pembelian lemari termasuk barang-barang kerajinan Jammak Craft.

         “Kami memutar otak, lalu memutuskan memasarkan produk-produk kami di pasar lokal,” Indriani menambahkan. Kesempatan mengembangkan usaha terbuka lebar dengan bergabung menjadi Mitra Binaan  PT Telkom (Persero)  dengan jumlah pinjaman Rp10.000.000,-. Pinjaman tersebut digunakan untuk membeli alat semprot lem dan mesin packaging. Kebutuhan untuk akses pemasaran diakomodir oleh PT Telkom (Persero) melalui keikutsertaan pameran dan penjualan secara online di www.blanja.com.
         “Alhamdulillah sekarang pelanggan kami meningkat, termasuk dari BUMN juga. Misalnya BNI dan BPJS, mereka mempercayakan produksi souvenirnya pada kami,” ujar Indriani sambil menunjukkan contoh souvenir yang sudah dibuatnya. Berupa clutch dari bahan sintetis yang terlihat simpel namun elegan.

         Saat ini Indriani dan Radityo memiliki karyawan sebanyak 3 orang yang mengerjakan di tempat workshop mereka dan 6 orang yang melakukan pengerjaan di rumah masing-masing. Omzet perbulan berkisar belasan hingga puluhan juta rupiah. Produk Jammak Craft dapat dilihat di akun Instagram https://www.instagram.com/radityojammakcraft/ atau hubungi nomor +62 838 669 16516.

 

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya