Perjalanan yang ditemani dengan lambaian hujan dan udara segar sejuta dolar kali ini dihiasi oleh ladang bersolek warna. Cakrawala bermandikan bunga terhampar di sisi kota Gemah Ripah Loh Jinawi ini.

Memanfaatkan suburnya tanah dan bersihnya udara Sukabumi, Salah satu Mitra Binaan PT BNI, 3 bersaudara Bpk Abdullah – H.Yusuf – dan, Sholehuddin mengembangkannya menjadi lahan bunga potong yang indah. Berawal dari bunga Gerbera, beralih menjadi Sedap Malam, hingga sekarang Krisan.

“Bunga disini, panen seminggu sekali, habis terus, jadi selalu segar” jelas H.Yusuf. Beragam warna bunga krisan di tanam segar disini, merah, putih, kuning, dan pink. Pembeli bunga pun beragam, dari reseller, perseorangan, penjual bunga, hingga perhotelan. Penjualan tertinggi biasanya terjadi apabila terdapat tokoh masyarakat yang berpulang ke Illahi, “Bisa sampai 5000 bunga sehari” jawab Abdullah.

 

 

Sebagai petani bunga potong, salah satu hal yang perlu diperhitungkan adalah cuaca. Bencana angin puting beliung yang sempat melanda daerah Sukabumi beberapa waktu silam, mengharuskan mereka melakukan tumpeng sari dengan Cabai. Hal ini dilakukan agar lahan tanah yang atapnya rusak, tetap dapat menghasilkan, tidak idle.

Abdullah menjelaskan bahwa kualitas bunga asal Sukabumi sudah diakui oleh dunia. “pernah menang di pameran bunga asean yang di Bandung itu” , tutur bapak yang memilki keahlian Ikebana tersebut.

Salah satu harapan petani bunga tanam 3 bersaudara tersebut, adalah bantuan peralatan bermesin untuk melakukan penanaman. Hingga saat ini, semua tahapan dari pembibitan hingga panen, semua dikerjakan menggunakan tenaga manusia. Dengan adanya bantuan automatisasi mesin, diharapkan produksi dan proses penanaman menjadi lebih efektif dan efisien. “itu juga disamping umur saya yang sudah tidak muda” pungkas Abdullah, sembari menutup perbincangan di sore itu.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya