Menikmati hawa sejuk dan hangatnya masyarakat, sepertinya sangat cocok di tandingkan dengan segarnya pemandangan alam nan hijau khas kota asli Mantan Menperindah Rahardi Ramelan ini.

Begitu pula yang terlihat di salah satu rumah Mitra Binaan PT Jasa Marga, Farmerhouse Sukabumi. Berbaris-baris tanaman hijau diatas pipa-pipa dan suara gemericik air, itulah yang dapat ditemui oleh kita di halaman dan tanah lapang milik Bapak Endud Badrudin ini. Endud, begitu sapaan panggilannya, merupakan pemilik Usaha Tanaman Hidroponik Farmerhouse Sukabumi.

Hidroponik (Hydro yang berarti air, dan Ponos yang berarti daya -Ed) merupakan usaha budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman melalui aliran air.

Farmerhouse menjanjikan bahwa tanamannya 100% bebas pestisida. “Semua bahan yang digunakan merupakan bahan organik”, pungkas Endud. Sayuran segar yang Farmerhouse sediakan sangat beragam, dari Selada hijau, Selada merah, Okra, Lettuce,  Kankung, Pakcoy, Seledri, Paprika, hingga Tomat.

Terdapat dua jenis sistem hidroponik yang diusung oleh Farmerhouse Sukabumi saat Kementerian BUMN melakukan kunjungan Monev. Sistem Nutrient Film dan Rakit Apung. Kedua sistem tersebut dapat menampung hingga 2000 tanaman perminggu nya.

Farmerhouse saat ini sudah menggandeng hingga 10 mitra dalam pengembangannya. Usaha yang berkembang dari hobi pada tahun 2013 ini, juga menawarkan pelatihan dan penjualan alat-alat hidroponik. “Kalau Sabtu-Minggu, disini ramai pengunjung untuk belajar dan tanya-tanya tentang Hidroponik”, sambut Endud.

Kedepannya, Farmerhouse berharap dapat melebarkan sayap produksinya hingga dapat memenuhi tingkat permintaan pihak perhotelan di Sukabumi. Selain dapat berguna meningkatkan perekonomian rakyat, juga sekaligus mendorong pemanfaatan lahan masyarakat, yang selama ini hanya menjadi ladang rumput bergoyang.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya