Kementerian BUMN dan BUMN beserta Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Alger menyelenggarakan kegiatan pameran dengan tema 'Pameran Indonesia Terpadu' di Palais des Exposition, Pins Maritimes - Aljazair pada tanggal 23-27 November 2016. Penyelenggaraan Pameran Indonesia terpadu ini merupakan bagian dari Pameran Internasional Pekerjaan Umum ke-14 (14ème édition du Salon International des Travaux Publics/SITP) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aljazair cq. Kementerian Pekerjaan Umum (le Ministère de Travaux Public) dan bekerjasama dengan SAFEX (La Société Algérienne des Foires et Exportations/Perusahaan Aljazair untuk Pameran dan Eksportasi).

 

Pameran yang diikuti tak kurang 400 perusahaan dari 18 negara seperti Jerman, Belgia, Prancis, Tiongkok, India serta Indonesia dibuka langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum Aljazair, Boudjama Talai. Sebanyak 160 pengusaha Indonesia datang untuk mengikuti pameran dan menjajaki potensi kerjasama dengan pengusaha lokal Aljazair, maupun peserta pameran lain dari berbagai negara.

Dimulai tanggal 23 November, pameran bertaraf internasional ini diikuti oleh 42 perusahaan Indonesia. Tidak kurang dari 137 pengusaha Indonesia termasuk di dalamnya 17 Mitra BUMN menampilkan berbagai aneka produk konstruksi, tekstil, garmen, minyak dan gas, pelumas, perhiasan, kerajinan kulit, sektor informasi dan teknologi, produk makanan minuman maupun dari sektor jasa.

 

 

Tujuan diselenggarakannya Pameran Indonesia Terpadu adalah untuk memfasilitasi para pengusaha Indonesia baik untuk BUMN atau yang swasta, yang besar ataupun yang kecil dengan beragam produk perusahaannya di pasar Aljazair, sekaligus untuk menarik minat pata investor Aljazair dan asing lainnya berkunjung dan menanamkan modalnya di Indonesia.

 

 

Secara khusus, Menteri Pekerjaan Umum Aljazair - Boudjama Talai menobatkan peserta Indonesia sebagai Peserta terbaik. "Saya cukup senang, karena partisipasi Indonesia tahun ini sangat bersemangat dan aktif, serta Indonesia menampilkan paviliun yang bagus. Saya juga menyaksikan pavilion Indonesia begitu hidup dan atmosfernya cukup meriah. Karena itu sangat layak Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik," jelasnya.

Dalam siaran pers yang dilaksanakan pada kunjungannya di Pameran, Boudjama Talai juga mengharapkan peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Aljazair. "Saya mengapresiasi keikutsertaan Indonesia (dalam pameran) kali ini yang memberikan warna bagi kemeriahaan dan kelancaran pameran ini. Banyaknya jumlah pengusaha serta perusahaan Indonesia yang ambil bagian dalam pameran ini saya harap bisa memperkuat hubungan ekonomi dengan Aljazair," ungkapnya.

 

 

Pameran Indonesia Terpadu Aljazair dihadiri hingga 30 ribu orang, dan berdasarkan pengamatan panitia di lapangan, nyaris setengahnya telah tercatat mengunjungi pavilion Indonesia. Pameran ini merupakan media promosi yang berpotensi menumbuhkembangkan sinergi antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Luar Negeri, serta Dirjen Asia Pasifik dan Afrika. Melalui pameran bertaraf internasional ini, promosi destinasi wisata Indonesia dan lingkup penjualan Mitra Binaan BUMN dapat semakin bersaing dan menembus pasar global dengan lebih baik.

 

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya