Kementerian BUMN dan BUMN melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan akan selalu berkomitmen untuk senantiasa hadir untuk negeri. Dengan tagline BUMN Hadir Untuk Negeri, BUMN membantu dan berpartisipasi dalam tanggap darurat terkait bencana gempa di Aceh yang saat ini terjadi, maupun rehabilitasi pasca gempa di kemudian hari.

Kementerian BUMN telah menunjuk 6 BUMN sebagai koordinator posko bencana, diantaranya adalah Perum Bulog, PT Pertamina, PT Semen Indonesia, BRI, PT Telkom, dan PT Pelabuhan Indonesia I. Keenam BUMN tersebut langsung mendirikan Posko Kesehatan dan Tanggap Darurat di berbagai lokasi yang tersebar di Pidie Jaya, Aceh.

 

Kunjungan Menteri BUMN     Kunjugan

 

Dalam kunjungannya pada Sabtu 10 Desember 2016, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, "Bantuan BUMN ini kami harapkan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah ditimpa bencana di Aceh," Bantuan yang diberikan merupakan aksi solidaritas dari wujud nyata kepedulian BUMN melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri

Didampingi 15 Direktur Utama BUMN, Menteri BUMN Rini Soemarno tiba di lokasi gempa yang terletak di Desa Rawasari, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya. Kepada ratusan ibu-ibu korban gempa yang tergabung dalam Program PNM Mekaar ini, Rini melakukan perbincangan hangat dengan para pengungsi gempa.

Pengangkutan bantuan gratis diperuntukkan bagi bantuan kemanusiaan (obat-obatan, bahan pangan, selimut, pakaian, dan sebagainya) kepada korban gempa Aceh yang disalurkan melalui BUMN koordinator yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sebelumnya.

Agar pemberian bantuan kepada korban bencana gempa tepat sasaran, BUMN berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Hingga saat ini, evakuasi korban terus dilakukan dengan melibatkan tim gabungan dari Badan SAR Nasional, BPBD, TNI, Polri, PMI, Tagana, dinas-dinas terkait, relawan dan masyarakat.

  

 

 

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya