Batik tradisional adalah warisan budaya bangsa yang harus tetap dipelihara. Di tengah ekspansi batik modern dan busana-busana impor, usaha pelestarian batik harus lebih intens lagi. Salah satu dari cara untuk melestarikan batik, banyak hal lain yang dapat dilakukan di antaranya pemeran (baik lokal, nasional, apalagi internasional), organisasi-organisasi (misalnya organisasi para pecinta batik tradisional), Oleh karena itu, perlu peran aktif pemerintah, perusahaan, organisasi kemasyarakatan, dan para pecinta batik ini, untuk membantu memasarkannya khususnya para pengrajin batik yang belum mempunyai akses pemasaran yang luas. 

Di tahun 2015, salah satu perusahaan BUMN yaitu PT. Primissima, mempunyai gagasan untuk mendirikan Galeri batik tidak hanya sekedar menjadi penyedia bahan baku batik tapi turut serta menjual sekaligus melestarikan batik sebagai warisan budaya, bertempat di Jl. Raya Magelang Km 15 Medari Sleman Yogyakarta. Galeri menyediakan batik tulis maupun cap hadir dengan banyak ragam dengan bahan-bahan berkualitas dari para pengrajin wilayah DIY, pekalongan, klaten dan Wonogiri dengan harga relatif terjangkau yang merupakan mitra binaan dari PT. Primissima.

Sabtu (25/02/2017), Perwakilan dari PT. Primissima Pak Ishaq dan dari kementrian BUMN Asdep tanggung Jawab sosial Ibu Indriani melakukan kunjungan melihat langsung betapa beragamnya motif-motif dan bahan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, yang merupakan wujud dari komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri dengan melestarikan batik dan membantu mendampingi serta memberi nilai lebih kepada para pengrajin batik. Kedepannya, diharapkan dengan adanya galeri ini para pengrajin dari mitra binaan PT. Primissima yang belum memiliki akses pemasaran dapat membantu memasarkannya secara luas tidak hanya di wilayah yogyakarta, namun diseluruh Indonesia.

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya