Masalah air bersih yang selama ini menyelimuti kehidupan masyarakat desa Banyu Kelurahan Rejosari Semin Gunung Kidul mungkin tinggal kenangan. Air bersih kini sudah dapat dirasakan warga desa banyu yang berjumlah sekitar 125 Kepala Keluarga, pasalnya sebuah sumur bor dan intalasi air bersih telah dapat digunakan.

Bangunan langsung dan peralatan seperti genset pengeboran meliputi survei lokasi penentuan sumur bor, survei geolistrik untuk menentukan titik sumur bor, pembuatan sumur bor, pemasangan kontruksi sumur, dan bak penampungan air serta pipa yang digunakan untuk mengalirkan ke rumah-rumah warga telah menghabiskan dana sebesar Rp 120 Jt. Sumur bor dengan kedalaman 180 meter ini telah menghasilkan air bersih yang telah teruji oleh UGM selama 4 jam dalam sehari mampu memenuhi kebutuhan air perhari sekitar 8 meter kubik.

Kepala Desa Banyu, Subandi mengatakan, adanya sarana air bersih ini merupakan bantuan dari salah satu  perusahaan BUMN yaitu PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko memberikan energi positif dalam kesejahteraan warga baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun kesehatan warga dengan keterpenuhan air bersih.

Diakui memang saat musim hujan seperti sekarang ini, sumur bor terabaikan. Namun ketika masuk musim kemarau, sumur bor menjadi prioritas warga untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih. Salah satu perwakilan dari PT. Tempat Wisata  Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ibu Siti dan dari kementrian BUMN Asdep tanggung Jawab sosial Ibu Indriani, Sabtu (25/02/2017) melakukan kunjungan melihat secara langsung sumur bor di Desa Banyu  yang dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar dari sumur bor ini yang merupakan wujud dari komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri.

 

 

 

Perum AntaraPerum BULOGPerum DamriPerum Jaminan Kredit IndonesiaPerum Jasa Tirta I
Perum Jasa Tirta IIPerum NavigasiPerum PerhutaniPerum Perikanan IndonesiaPerum Perumnas
Perum PeruriPerum PFNPerum PNRIPerum PPDPT Adhi Karya Tbk
PT Amarta KaryaPT Aneka Tambang Tbk PT Angkasa Pura IPT Angkasa Pura II PT ASDP Indonesia Ferry
PT Asuransi ABRIPT Asuransi Jasa IndonesiaPT Asuransi JiwasrayaPT Asuransi Kerugian Jasa RaharjaPT Asuransi Kredit Indonesia
PT Bahana Pembinaan Usaha IndonesiaPT Balai Pustaka PT Bank Mandiri TbkPT Bank Negara Indonesia TbkPT Bank Rakyat Indonesia Tbk
PT Bank Tabungan NegaraPT Barata IndonesiaPT Berdikari PT Bhanda Ghara ReksaPT Bina Karya
PT Bio Farma PT Biro Klasifikasi Indonesia PT Boma Bisma Indra PT Brantas Abipraya PT Dahana
PT Danareksa PT Dirgantara Indonesia PT Djakarta LloydPT Dok dan Perkapalan Koja BahariPT Dok dan Perkapalan Surabaya
PT Energy Management IndonesiaPT GaramPT Garuda Indonesia TbkPT Hotel Indonesia NatourPT Hutama Karya